Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 25 Juli 2023

Bupati Purworejo Tinjau Pembangunan Makam Syekh Maulana Maghribi

BSD di Desa Gunungwangi Kecamatan Kaligesing

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM beserta rombongan kembali melaksanakan kegiatan Bupati Saba Desa (BSD) di Kecamatan Kaligesing, Senin (24/07/2023). Secara berurutan rombongan mengunjungi Desa Tlogorejo, Desa Ngaran, Desa Gunungwangi, Desa Hardimulyo dan Desa Sudorogo. 

Turut mendampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nurfiana SSTP MM, Kepala DP3APMD Laksana Sakti SSTP MSi, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, Kepala Dinperintransnaker Ir Hadi Pranoto, KasatpolPPdamkar Budi Wibowo SSos MSi, Kadin PUPR Suranto SSos MPA, Kabag Prokopim Triwahyuni Wulansari AP MAP, Forkopimcam Kaligesing dan semua masyarakat desa. Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menyampaikan sambutannya di setiap desa yang dikunjungi. Selain mengucapkan terima kasih dan menyapa masyarakat Bupati tidak lupa menanyakan kesehatan dan kabar. 

"Kami bersama rombongan mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu semuanya atas penyambutan ramah dan hangat ini. Kami datang bersama rombongan, untuk melihat perkembangan pembangunan desa, apakah berjalan lancar atau tidak, dan tentunya sesuai dengan keinginan masyarakat, ” katanya. 

BSD di Kecamatan Kaligesing disambut meriah dan antusias seluruh warga. Saat di Desa Gunungwangi, Bupati terkesima dengan suasana alamnya yang asri, bersih dan udara yang sejuk. Bahkan Bupati juga mengamati bahwa lingkungannya dipenuhi oleh tumbuhan yang bermanfaat, mulai dari pohon cengkeh, aren, kelapa dan tanaman lainnya. 

Menurut Bupati, Desa Gunungwangi merupakan desa yang sangat istimewa. Dengan keadaan alam yang masih alami mempunyai kesempatan untuk dijadikan tempat kunjungan wisata lokal maupun mancanegara. Pada kesempatan ini Bupati dan rombongan memonitoring langsung hasil pembangunan kawasan religi makam Syekh Maulana Maghribi. 

"Desa Gunungwangi ini istimewa, setiap hari udaranya ber-AC alami tanpa harus memasang AC elektronik. Dari namanya Gunungwangi sebenarnya sudah bagus dan menarik perhatian orang, sepertinya warga masyarakat tidak perlu ke kota Malang untuk mendapatkan suasana seperti ini, cukup ke Gunungwangi saja,” ungkapnya. 

Bupati menyarankan dibuat homestay yang akan mendorong perputaran ekonomi. Dirinya juga meminta dinas terkait yaitu Dinporapar untuk mengembangkan wisata religi Desa Gunungwangi. 

”Inilah salah satu manfaat dari kegiatan BSD, kalau tidak seperti ini, bagaimana kami semua ini dapat menyerap aspirasi dan mengapresiasi pemerintahan desa," tandasnya. 

Kepala Desa Gunungwangi Priyo Duwi Prayitno menginformasikan, bahwa desa ini terletak di ketinggian 757 MDPL. Produk yang dihasilkan antara lain gula aren asli, kopi, wedang kendel (teh & gula aren). 

Dijelaskan, Desa Gunungwangi mempunyai wisata religi yaitu Makam Syech Maulana Maghribi dan biasanya ada haul di bulan syakban. ”Kami juga mempunyai kadar air yang bagus yaitu pada PH 7.43 yang ada di samping makam. Mushola Al Maghribi kami bangun unik yaitu dengan batu semua," katanya. 

 Salah seorang warga Belia Cucu Safitri mengungkapkan, adanya kegiatan BSD banyak hal positif yang didapat baik dari pemdes maupun warga masyarakat. "Warga masyarakat mengetahui secara langsung program kerja yang telah terlaksana pada periode saat ini, pemdes serta masyarakat desa dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung. Harapannya kegiatan BSD selalu ada dan dilaksanakan terus di awal sebagai bahan pertimbangan di pemerintahan selanjutnya," ungkapnya. (*/kj) 

Sumber: Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com