Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 28 Mei 2023

Mengunjungi Wisata Alam Kampung Koboi Sinalang Fun Camp : Desa Karangrejo Kutoarjo Purworejo

Ada Penemuan Batu Tulis, Kades Harapkan Arkeolog Lakukan Penggalian

Kepala Desa Karangrejo Buntoro berada di Kampung Koboi Sinalang Fun Camp
PURWOREJO, KABARINDONESIA.CO.ID – Desa Karangrejo Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Purworejo. Wisata yang diandalkan yaitu wisata alam, Kampung Koboi Sinalang Fun Camp.

Keberadaan wisata alam yang dibangun Pemdes Karangrejo dengan kepala desanya Buntoro, seiring berjalannya waktu terus berkembang dengan baik. Berbagai fasilitas terdapat di wisata alam Kampung Koboi Sinalang Fun Camp, seperti gardu pandang, pendopo, warung kopi, tempat nongkrong dan berbagai fasilitas lainnya.

Pada Sabtu 27 Mei 2023, media kabarjateng berkunjung ke lokasi wisata tersebut, disambut hangat Kepala Desa Karangrejo Buntoro. Perubahan lebih maju tampak di lokasi wisata alam tersebut, saat ini terdapat empat unit ATV yang merupakan bantun dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Buntoro menunjukkan tulisan pada batu
“Desa Karangrejo Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo pada tahun 2023 ini mendapat bantuan dari Pemprov Jateng yaitu empat unit ATV. Merupakan bantuan untuk desa wisata. Kami ucapkan terima kasih untuk kepedulian dan perhatian Pemprov Jateng, semoga dengan hadirnya empat ATV makin membuat maju wisata alam Kampung Koboi Sinalang Fun Camp,” beber Buntoro.

Lanjut Buntoro, juga ada penemuan batu tulis atau prasasti di lokasi wisata tersebut. Persisnya pada sisi timur selatan. “Saat itu saya sedang bersih-bersih lokasi, membersihkan ilalang, secara tak sengaja tampak gerombol batu, setelah dibersihkan terlihat ada tulisannya,” terang Buntoro, penemuan tersebut sekira delapan bulan yang lalu.

“Ya bisa disebut batu tulis atau prasasti. Namun soal artinya apa, tulisan dari era apa, kami masih kesulitan mengartikannya. Kalau menurut Babad Kedung kebo, dulu lokasi ini adalah Selo Sinalangan. Semoga nantinya dapat terkuak, kami  butuh bantuan dinas terkait untuk mengartikannya,” urai Buntoro.

“Dari Balai Arkeolog, harapan kami bisa datang ke Desa Karangrejo Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, untuk menggali apa yang sudah ada di sini. Para pakar atau ahli, bisa meneliti keberadan situs batu tuli Selo Sinalangan,” harap Buntoro. (*)

Reporter   : ngabdiri koim

foto           : ngabdiri koim

Editor        : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com