Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 15 Maret 2023

Inilah Sosialisasi Metrologi Legal Pelaku UMKM di Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan sosialisasi metrologi legal bagi pelaku UMKM di gedung PLUT KUMKM, Selasa 14 Maret 2023. Sebagai  narasumber yakni dari BSML Region II Yogyakarta. Dikatakan, dalam sistem perdagangan modern orang selalu menghendaki kecepatan pelayanan, ketepatan waktu dan ukuran. Untuk melindungi kepentingan umum perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metoda pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya seperti yang tertuang dalam Undang-undang RI no 2 tahun 1981 tentang metrologi legal (UUML). 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo Gatot Suprapto SH menjelaskan, untuk dapat mencapai terlaksananya bidang kemetrologian yang baik dan benar terdapat banyak faktor yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. 

"Seperti kemampuan dari alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang mana hal ini adalah tolak ukur kebenaran dan ketelitian untuk mencegah terjadinya kecurangan para pelaku usaha dikarenakan para konsumen yang kurang memahami dalam cara pengukuran yang benar," kata dia. 

"Pengaturan tentang metrologi menjadi semakin penting karena dapat menjamin tertib ukur di bidang keniagaan dan juga menyangkut segi keamanan manusia seperti penentuan takaran dosis obat-obatan, penyinaran, penyuntikan, pengukuran tekanan darah dan suhu manusia, pengukuran kebisingan dan polusi," imbuhnya. 

Masih kata Gatot Suprapto, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsumen terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). (*) 

reporter   : eko stianto

editor       : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com