Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 02 Maret 2023

Tingkatkan Nilai Ekonomi, Vita Ervina : Jangan Hanya Jual Ikan Segar, juga Olahan Ikan

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pelatihan diserfikasi olahan ikan laut yang merupakan sinergitas anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina SE MBA bersama mitra dari Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, digelar Rabu 1 Maret 2023 di Purworejo.  

Pelatihan diserfikasi olahan ikan laut berlokasi di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, dihadiri Vita Ervina, Lilly Aprilya Pregiwati SPi MSi dan Septa Hadi Nugraha SE mewakili Kepala Balai Perikanan dan Penyuluhan Perikanan Tegal. Hadir pula Kepala Bidang Perikanan Suyud Jatmiko SSt Pi mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo. Ketua Polosoro Kabupaten Purworejo Suwarto yang merupakan Kepala Desa Jatimalang, juga hadir, termasuk dari pelatih dan penyuluh perikanan Kabupaten Purworejo. 

Turut menghadiri pula, Ibu-ibu perwakilan KUB Nelayan di pesisir pantai Purworejo,  perwakilan PKK Desa di Kabupaten Purworejo dan Departemen Wanita beserta Komunitas Juang DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo. 

Pelatihan ini dilakukan selama dua hari dimulai tanggal 1 - 2 Maret 2023, bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pelaku perikanan. Hal ini menjadi salah satu strategi program aksi dukungan pemerintah bersama Komisi IV kepada masyarakat di sektor perikanan dalam upaya mewujudkan masyarakat perikanan yang sejahtera dan berkelanjutan. 

Wilayah Purworejo memiliki garis pantai sepanjang 21,5 km memiliki potensi yang sangat besar di sektor perikanan tangkap (laut). Potensi perikanan tangkap dan budidaya air payau di Purworejo yaitu di wilayah pesisir selatan meliputi Kecamatan Grabag, Ngombol dan Purwodadi. 

Beberapa jenis perikanan tangkap yang memiliki nilai ekonomi tinggi antara lain bawal putih, lobster, layur, tengiri, Jahan, manyung dan pari. "Bagi masyarakat pelaku perikanan tangkap tentunya jangan hanya terbiasa dengan menjual ikan segar saja akan tetapi bisa juga dengan menjual olahan ikan, di mana secara harga akan lebih baik. Aneka olahan ikan tersebut misalnya seperti bakso, nugget, siomay, dimsum dan otak-otak," jelas Vita Ervina, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan. 

Sasaran pelatihan ini adalah 150 orang peserta untuk pengolah ikan maupun calon pengolah ikan dari Kabupaten Purworejo. Pelatih pada kegiatan ini berasal dari instruktur Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal. Metode yang digunakan dalam diklat ini adalah "offline training", di mana materi disampaikan secara langsung oleh pelatih sementara peserta mengikuti seluruh kegiatan pelatihan mulai dari teori, praktek dan diskusi dengan didampingi oleh penyuluh perikanan. 

Pada kegiatan praktek, peserta akan difasilitasi untuk kebutuhan bahan prakteknya di samping itu peserta juga diberikan modul pembelajaran. Selama kegiatan peserta diberikan ruang untuk bisa melakukan tanya jawab dan diskusi dengan pelatih. "Pasca pelatihan, penyuluh perikanan dan pelatih secara bersama-sama bersinergi dalam rangka terus melakukan pendampingan kepada purnawidya sehingga diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan, " jelas  Septa Hadi Nugraha. (*) 


reporter   : heri prastowo/ngabdiri koim

editor      : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com