Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 20 Maret 2023

Dari Pawai Taaruf, Pengobatan Gratis, Bazar dan Peringatan WR Supratman

Meriahkan Pembukaan Kampung Sengkuyung Ramadhan Sitanjung 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Yayasan Nuhantra Bakti Budaya bersama warga Kelurahan Pangenjurutengah Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan pembukaan Kampung Sengkuyung Ramadan 1444 H/ 2023 M, di Omah Srotong Sitanjung Kelurahan Pangenjurutengah, pada Minggu 19 Maret 2023. Pembukaan kegiatan itu diisi dengan bazar sembako murah, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, dan pawai taaruf menyambut bulan suci Ramadan, yang diikuti oleh perwakilan siswa dari sekolah yang ada di lingkungan Kelurahan Pangenjurutengah, seperti TK Masyitoh, SD N 2 Pangenjurutengah, SD Al Madina, SMK Kesehatan dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo. 

Pawai taaruf dilaksanakan dengan start halaman Musala Ainun Jariyah Sitanjung lalu menyusuri jalan perkampungan dan jalan raya Purworejo - Yogyakarta, hingga kembali finish di halaman Omah Srotong Sitanjung. Pawai taaruf itu dilepas dengan ditandai pemukulan bedug oleh Kabag Kesra Setda Purworejo, Drs Fatthurohman MM, yang hadir mewakili Wakil Bupati Purworejo yang berhalangan hadir. 

Tak hanya itu, kegiatan itu juga disemarakkan dengan peringatan 120 tahun hari kelahiran WR Supratman, yang selalu diperingati setiap tanggal 19 Maret dengan penampilan seni teatrikal puisi WR Supratman, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stansa yang diperagakan oleh Makhasin, Mas Dimas, Kasuga musik, Edi Dwiyantoro, Khanza dan Annisa, melukis sketsa WR Soepratman oleh seniman lukis Purworejo yakni Tanzil Putrantara dan renungan tentang WR Supratman oleh budayawan Purworejo, Soekoso DM. 

Selain Kabag Kesra Setda Purworejo, hadir dalam kegiatan itu, lurah Pangenjurutengah, Widodo SE, pembina yayasan Nuhantra bakti budaya yang juga budayawan serta dosen UGM, Dr Sudibyo, muspika Purworejo, tokoh masyarakat dan warga Kelurahan Pangenjurutengah. 

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk memperingati 120 tahun kelahiran WR Soepratman yang lahir di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo pada tahun 1903 yang lalu," kata budayawan sekaligus pembina yayasan Nuhantra Bakti Budaya, Soekoso DM, saat ditemui usai kegiatan. 

Menurut Soekoso, WR Soepratman merupakan tokoh istimewa bagi masyarakat Purworejo dan juga bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan. Dengan peringatan itu, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk mengenang jasa-jasa besar dari tokoh yang telah melahirkan lagu kebangsaan yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Selain itu, Soekoso juga menyatakan bahwa tanggal 9 Maret yang selama ini dijadikan sebagai Hari Musik nasional adalah salah. Hal ini dikarenakan kelahiran WR Soepratman pada tanggal 19 Maret yang seharusnya menjadi tanggal yang tepat untuk memperingati Hari Musik nasional. 

"Kebenaran tentang tanggal dan tempat lahirnya WR Soepratman ini telah ditetapkan kebenarannya oleh Pengadilan Negeri Purworejo, Keputusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/Pi 2007/PN.Pwr," jelasnya. 

Soekoso menyebut, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional dinilai perlu dikoreksi dan direvisi. Pasalnya, dalam Keppres tersebut, penetapan Hari Musik Nasional didasarkan pada tanggal kelahiran pahlawan nasional Wage Rudolf (WR) Soepratman 9 Maret 1903. Sementara berdasarkan Keputusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/Pi 2007/PN.Pwr diketahui bahwa WR Soepratman lahir pada hari Kamis Wage tanggal 19 Maret 1903. 

"Kita berharap tanggal dan tempat kelahiran WR Soepratman bisa disosialisasikan ke masyarakat luas. Lebih dari itu semua penerbitan swasta maupun negara yang berkaitan dengan ini (tanggal dan tempat kelahiran WR Soepratman) bisa dibenarkan sesuai keputusan pengadilan," harapnya. 

Peringatan 120 tahun kelahiran WR Soepratman ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk menghargai jasa-jasa para tokoh bangsa. Terkait kegiatan Ramadan, lanjut Soekoso, Kampung Sengkuyung Ramadan dengan tema Ramadan berkah kampung meriah nantinya digelar setiap hari selama bulan Ramadan, yakni pada pukul 16.00 WIB hingga waktu berbuka puasa. Berbagai kegiatan juga akan dilaksanakan untuk menyemarakkan bulan Ramadan itu seperti bazar, lapak Takjil, festival karya & seni, tausyiah/kultum, bakti sosial, berbagai lomba-lomba di antaranya lomba menghias lampion, lomba kreasi oncor, adu cepat membuat selongsong ketupat, adzan, hafalan surah pendek, masak kudapan buka puasa/takjil, Bercerita Kisah Nabi-nabi, fashion show busana Muslim, lomba baca/cipta puisi, pelatihan jurnalistik, presenter, menulis kreatif, bincang Ramadan dan doa berbuka puasa. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com