Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 09 Januari 2023

Meriahnya Lomba Permainan Latto-latto di Purworejo : Digelar Kelompok Pemuda Bukan PSK (Pasar Seni Kongsi)

 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID – Dari beberapa sumber menuliskan permainan latto-latto ini berasal dari Amerika Serikat dengan nama Clackers Balls Toys. Nama latto-latto berasal dari Bahasa Bugis, meski ada beberapa nama yang berbeda untuk permainan ini sesuai bahasa daerahnya. Sebagian masyarakat menganggap permainan latto-latto ini berdampak positif, lepas dari pro dan kontra dapat mengalihkan anak-anak dari bermain HP. Bahkan ada yang percaya dapat melatih konsentrasi. Permainan ini sebenarnya merupakan permainan bukan baru lagi, karena sudah menjadi mainan anak-anak dulu.

Permainan latto-latto kembali booming,  kelompok pemuda di sekitar pasar atau terminal Kongsi Kabupaten Purworejo Propinsi Jawa Tengah menggelar lomba permainan latto-latto untuk anak-anak usia SD dan SMP. Lomba ini digelar pada Sabtu 7 Januari 2023 pukul 18.30 WIB bertempat di area pasar atau terminal Kongsi Purworejo, seperti  biasanya kelompok ini sering membuat acara malam mingguan. 

Ketua Kelompok Pemuda (Bukan) PSK, Toni, saat diwawancarai reporter kabarjateng.co.id menjelaskan peserta lomba tidak hanya dari sekitar Kongsi, tetapi anak-anak manapun boleh ikut, dengan pendaftaran Rp 2.000 tiap peserta. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 80 anak dibagi 8 kelompok. Setiap kelompok diadu bermain latto-latto bagi yang terlama sebagai pemenangnya. Dari pemenang tiap kelompok diadu kelihaiannya kembali dalam final memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Hadiah juara 1 mendapat uang sebesar Rp 150.000 dan ditambah 1 unit dispenser.


Suasana cukup meriah, banyak penonton dari anak-anak maupun orang tua. Kegiatan juga dimeriahkan oleh group musik dari kelompok pemuda Bukan PSK. Kreativitas kegiatan ini muncul karena melihat di mana-mana banyak anak  bermain Latto-latto, sehingga diadakan acara lomba bermain Latto-latto ini, Toni mengakhiri penjelasannya. (*)

reporter  : duta pamungkas

editor     : bowo sutoko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com