Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 10 Desember 2022

Hermawan Wahyu Utomo : Ajak Masyarakat Gunakan Air Bersih dan Jaga Kesehatan

Hermawan Wahyu Utomo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, akan menggelar kegiatan jalan sehat gratis bagi masyarakat Kabupaten Purworejo, di alun-alun Kutoarjo, Minggu 11 Desember 2022 pagi. 

Jalan sehat itu akan dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-48 serta mengenalkan aplikasi pelayanan SAPA Purworejo. SAPA sendiri merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Air Minum, yang bertujuan untuk mengoptimalkan layanan kepada pelanggan di Kabupaten Purworejo Berbagai hadiah menarik dan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor Honda Revo serta ratusan doorprize telah disiapkan untuk para peserta yang beruntung nantinya. 

Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo, saat ditemui di kantornya pada Jumat 9 Desember 2022, mengatakan, di hari Minggu nanti itu ada tiga acara yang akan dilaksanakan olehnya, yaitu jalan sehat gratis, ulang tahun ke-48 dan launching aplikasi SAPA. 

"Ada tiga acara nantinya, yaitu pertama jalan sehat gratis dengan melibatkan masyarakat banyak dan kita di situ free tidak ada pungutan mengajak masyarakat untuk sehat dengan jalan sehat dengan rute kurang lebih 3 Km, dengan start dan finish depan pendopo eks Kawedanan Kutoarjo atau rumah dinas Wakil Bupati Purworejo. Lalu yang kedua ulang tahun PDAM Tirta Perwitasari yang ke-48, nanti diisi dengan kegiatan penyantunan anak yatim piatu, melepas balon dan melepas burung, dan ketiga yaitu launching aplikasi SAPA Purworejo, yaitu aplikasi untuk pelayanan air minum supaya lebih memudahkan masyarakat yang mau pasang maupun yang sudah menjadi pelanggan," ungkapnya. 

Dalam aplikasi SAPA, lanjutnya, warga bisa melihat rekening, pengaduan, mau baca meter sendiri, mengubah nama, pesan droping tangki dengan melalui aplikasi itu atau dengan HP android. 

"Sehingga masyarakat tidak harus repot, tidak harus susah karena saat ini semua sudah menggunakan digital dan aplikasi. Substansinya dalam acara itu kami juga ingin mengajak masyarakat untuk menggunakan air bersih, menjaga kesehatan," ujarnya.

Kegiatan itu, lanjutnya, kenapa dilaksanakan di Kutoarjo karena tahun depan PDAM Tirta Perwitasari Purworejo akan melakukan ekspansi ke daerah Purworejo bagian barat dan selatan, yaitu daerah Kecamatan Kemiri, Pituruh, Butuh, Grabag dan rencana juga Bayan dan Ngombol. 

"Untuk tahun ini yang sudah signifikan adalah untuk daerah Kemiri, Pituruh dan Bayan. Mungkin tahun depan sudah mencapai 5.000 sambungan rumah. Ini kita mengambil dari Perusahaan Air Minum (PAM) Regional, sehingga untuk tahap kedua nantinya mengambil PAM Regional tapi wilayah Jembangan Mirit, Kebumen. Jadi kita arahkan di sepanjang pantai yang biasa di situ kesusahan air bersih karena disitu airnya payau, sumber airnya kurang bagus kita layani agar masyarakat tidak susah dan bisa terlayani air minum PDAM," jelasnya. 

PDAM Tirta Perwitasasi berencana nantinya masyarakat dimudahkan pemasangannya, dimurahkan biayanya dengan paketan atau diskon, kemudian sistemnya juga diajari agar masyarakat tidak susah. 

"Jadi tidak perlu jauh-jauh tapi dengan aplikasi kita bisa langsung gerak dan apabila di situ ada gangguan, pengaduan secepatnya kita bisa tanggulangi 1 x 24 jam bisa kita respon, karena 24 jam kita memantau, memonitor dan melakukan pelayanan, jadi tidak ada jeda waktu pelanggan itu mengeluh," terangnya. 

Untuk kemudahan PDAM Tirta Perwitasari juga memberikan harga paketan semurah mungkin dengan paketan yang ada saat ini dengan harga sekira  Rp 1,7 juta untuk pemasangan baru dan itu bisa diangsur sampai 10 kali. "Dari awal kami masuk dan gabung di PDAM, dulu ada 17 ribu sambungan rumah, sekarang sudah hampir mencapai 30 ribu sambungan rumah. Dulu tersebar di 7 kecamatan, sekarang ada di 10 kecamatan, yaitu Kecamatan Bener, Loano, Purworejo, Purwodadi, Banyuurip, Bayan, Kutoarjo, Kemiri, Pituruh, Butuh, dan rencana kami Grabag, Ngombol dan kedepanya lagi juga Bagelen," sebutnya. 

Untuk pemasok air, di wilayah barat pemasok air bersumber dari waduk Wadaslintang, yaitu hasil kerjasama dengan sistem pengolahan air minum regional/ PAM regional artinya kerjasama dengan perusahaan air minum provinsi. Disinggung terkait hadiah, dalan kegiatan jalan sehat nanti, khusus untuk hadiah utama bisa didapat dengan syarat peserta harus punya aplikasi SAPA Purworejo yang bisa diunduh melalui Play Store. Sementara itu untuk hadiah lain seperti tv, sepeda listrik dan lainnya dengan total anggaran sekitar Rp 100 jutaan bisa didapat untuk peserta umum. 

"Di sini kita mengajak masyarakat mengenal, memasang, dan jadi pelanggan. Harapan kami supaya masyarakat Purworejo bisa terlayani semua karena PDAM punya semua masyarakat Kabupaten Purworejo, kami sebagai operator juga berharap semua bisa terlayani, semua bisa menikmati pelayanan air bersih yang murah, terjangkau dan sehat, jadi saya harap masyarakat bisa sehat tidak ada stunting dan bisa menikmati pelayanan air bersih yang murah," tutup Hermawan Wahyu Utomo. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com