Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Senin, 21 November 2022

Petani Porang Desa Pulutan-Gebang Keluhkan Masalah Harga Jual

Harga Anjlok Rp 2 Ribu per Kilogramnya

Petani porang Desa Pulutan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo mengeluhkan harga
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Aspirasi disampaikan salah satu petani porang di Desa Pulutan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, Amat Asrori. Kepada media ini,  Senin 21 November 2022,  Amat Asrori mengeluhkan tentang harga jual umbi porang yang sudah tidak layak lagi dan merugikan para petani.  

"Waktu itu harga jual umbi porang bisa mencapai Rp 15 ribu per kilogramnya, sekarang mengalami degradasi yang sangat tajam mencapai angka di Rp 2 ribu per kilogramnya," kata dia. 

Dikatakan, kala Amat Asrori membeli bibit porang per kilogramnya seharga 200 ribu. Muncul juga permasalahan dalam hal pemasaran porang tersebut yang berkaitan dengan harga berkisar Rp 2 ribu per kilogramnya. "Yang ada hanya jeritan dan rasa frustasi para petani porang dengan keadaan seperti ini," papar Amat Asrori. 

Pantauan media ini, di Desa Pulutan budidaya porang oleh petani porang luasnya mencapai kurang lebih 10 hektare dengan kondisi tanaman porangnya sudah ada yang siap panen dan yang masih dalam tarap perawatan. 

Diakui, pihak dinas terkait sudah tidak kurang-kurangnya memberikan sosialisasi tentang porang. Dinas terkait sudah mendata lahan porang di mana nantinya untuk menentukan harga per kilogramnya porang. 

"Saat diadakan sosialisasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi tentang porang yang dihadiri kepala-kepala desa se-Kabupaten Purworejo mengenai harga, akan tetapi pada akhirnya tidak terjadi kesepakatan,"  beber Amat Asrori. 

Sebelum anjloknya harga per kilogramnya, bisa dikatakan setiap warga Desa Pulutan menanam tanaman porang di lahan-lahan kosong milik warga. "Dalam musim kemarau tahun yang lalu setelah harga jual anjlok, tanaman porang warga Desa Pulutan akhirnya dibongkar. Harapan petani porang Desa Pulutan seandainya memang porang sudah tidak bisa diharapkan lagi hasilnya, masyarakat mempunyai inisiatif porangnya akan diolah sendiri dalam bentuk kuliner," pungkas Kepala Desa Pulutan, Edi Maryono. (*) 

penulis   : heri prastowo/ngabdiri koim

editor     : tomo widodo 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com