Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 08 September 2022

Desa Ukirsari Grabag Dikukuhkan sebagai Kampung Siaga Bencana

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Desa Ukirsari Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dikukuhkan sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) ke -43 di Jawa Tengah. Pengukuhan Pengurus KSB dilakukan langsung Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Kamis 8 September 2022. 

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan sertifikat peserta KSB dan penyerahan bantuan Kementerian Sosial RI dalam rangka kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana melalui KSB di Lumbung Sosial Ukirsari Jaya sebesar Rp 202.193.420. 

Hadir dari Kemensos yang diwakilkan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kus Budhiharto AKS, Kabid Linjamsos Dinsos Provinsi Jawa Tengah Drs Sarjimo MSi, pejabat Dinsos Kabupaten Semarang, Kepala Sentra Antasena Magelang, Forkopimcam, sejumlah pejabat OPD dan undangan terkait. 

Sarjimo menjelaskan jika Purworejo merupakan salah satu Kabupeten yang mempunyai kerawanan tinggi dengan catatan bencana yang sangat lengkap. Dijelaskan bahwa pencanangan KSB Desa Ukirsari ini telah sesuai dengan paradigma bencana saat ini yang telah bergeser, yakni kesiapsiagaan mitigasi sehingga kesiapan berbasis masyarakat. 

“KSB Desa Ukirsari ini adalah KSB ke 43 se-Jawa tengah. Pemprov mengucapkan terima kasih kepada Kemensos yang telah melahirkan banyak KSB. Kedepan harapannya KSB dibentuk tidak hanya oleh pusat, tetapi daerah pun dapat membuat KSB seperti yang sudah dilakukan Kabupaten Semarang,” terang Sarjimo. 

Wabup Yuli Hastuti dalam sambutannya mengatakan, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Purworejo harus senantiasa menyiapkan diri untuk menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana karena sebagai Purworejo termasuk daerah yang masuk kategori rawan bencana. 

Dikatakan, salah satu langkah untuk meminimalisir dampak potensi bencana adalah dengan memberikan pembekalan pengetahuan tentang kebencanaan kepada masyarakat terutama di daerah rawan bencana. Dirinya berharap, hadirnya KSB dapat memperkuat dan melengkapi seluruh unsur yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Purworejo. Apalagi KSB yang beranggotakan masyarakat dari berbagai elemen, diharapkan dapat lebih mengetahui potensi bencana di wilayahnya untuk meminimalisasi dampak bencana alam. 

Selain itu, lanjutnya, pembentukan KSB juga bermanfaat memetakan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang dapat digunakan sebagai pendukung saat situasi terjadi bencana alam. 

Menurutnya, keberhasilan KSB nantinya tidak terlepas dari peran aktif masyarakat. Dengan adanya KSB, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat untuk lebih siap dalam menghadapi kerentanan dan risiko bencana. “Harapannya, masyarakat yang tinggal di daerah bencana dapat melakukan penanggulangan dengan lebih tepat, cepat, dan tanggap, tentunya dengan semangat gotong royong dan kebersamaan,” ujar Wabub. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com