Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 28 Agustus 2022

Waspada Hoax, Warga Diminta Konfirmasikan Berita Mencurigakan ke Kominfostasandi

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kodim 0708/Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Pemberdayaan Keluarga Besar TNI di gedung pertemuan JendEral Sudirman Makodim 0708/Purworejo, Jumat 26 Agustus 2022. Kegiatan yang dihadiri sekira 75 peserta terdiri atas pengurus dan anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Purworejo itu dibuka secara resmi Dandim 0708/Purworejo, Letkol Infanteri Lukman Hakim. 

Kegiatan pembinaan dengan tema SDM Keluarga Besar TNI Unggul, NKRI Kuat itu, Kodim menghadirkan 3 nara sumber, di antaranya, pejabat fungsional Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo, Aspiyatun, yang mengisi materi tentang bela negara wawasan kebangsaan dalam rangka era digital, Pasiter Kodim 0708/Purworejo, Kapten Sudirman yang menyampaikan materi tentang profesionalisme sinergitas keluarga besar FKPPI dan PPM yaitu sepakat NKRI dan Subiyanto dari BPBD Kabupaten Purworejo yang menjelaskan tentang sosialisasi penanggulangan dan pencegahan bencana alam. 

Pejabat Fungsional Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo, Aspiyatun, dalam paparannya menjelaskan, di era digital sekarang ini, perang bukan lagi menggunakan senjata atau mengangkat senjata tapi melalui media sosial. 

"Terkait bela negara, wawasan kebangsaan itu harus terus dipupuk dan diadakan turun temurun. Adapun terkait era digital bahwa bela negara Bhinneka Tunggal Ika itu sekarang lebih ke media sosial atau medsos, di mana medsos itu sangat bebas dan masyarakat dianjurkan harus pinter-pinter dalam menyikapinya," katanya. 

Disampaikan, Kominfostasandi juga memiliki kewenangan untuk mengolah atau meminimalkan adanya berita hoax. Kominfostasandi mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Purworejo untuk melaporkan ke Kominfostasandi melalui WA, Ig, FB ataupun aplikasi Purworejo, kalau ada berita yang mencurigakan. 

"Bisa juga bisa dengan cara screenshot berita yang mencurigakan itu lalu melaporkannya ke Dinkominfostasandi. Berita tersebut akan dikelola apakah benar atau tidak. Kemudian dalam waktu 3×24 jam akan diberikan jawaban klarifikasinya. Bila tidak benar maka akan diberi stempel hoax,” jelasnya. 

Aspiyatun mencontohkan informasi hoax yaitu informasi yang menyerang calon kepala daerah atau calon legislatif melalui berita bohong atau hoax. Di Purworejo, salah satu cara untuk mengetahui berita tersebut benar atau hoax yakni dengan mengkonfirmasikannya kepada Kominfostasandi. Penyelenggara kegiatan, yang juga sebagai Pasiter Kodim 0708/Purworejo, Kapten Sudirman, mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan merupakan program dari Teritorial Angkatan Darat dan Kodim yang mana itu merupakan lanjutan dari perintah pimpinan untuk menyelenggarakan kegiatan itu. 

"Kegiatan ini merupakan kegiatan program staf teritorial TNI Angkatan Darat dan kita sebagai pelaksana harus melaksanakannya. Harapan dari pembinaan tersebut adalah karena FKPPI dan PPM serta yang lain yang merupakan keluarga besar TNI itu bisa mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat khususnya, untuk menciptakan ruang, alat, dan kondisi juang yang patuh dalam rangka menciptakan pertahanan diwilayah NKRI dan Purworejo pada khususnya," ujarnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com