Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Jumat, 29 Juli 2022

Ponco Radius Widodo : Tradisi Wiwitan Jelang Panen Harus Dilestarikan di Desa Tamansari-Butuh

BUDAYA : Wiwisatan massal yang digelar di Desa Tamansari-Butuh Kabupaten Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ada budaya yang positif dilestarikan Desa Tamansari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Tradisi tersebut yaitu wiwitan, yang merupakan ungkapan rasa bersyukur masyarakat kepada Sang Maha Pencipta saat akan melakukan panen raya. 

Wiwitan ini mulai digalakkan lagi di Desa Tamansari di bawah kepemimpinan Kepala Desa Ponco Radius Widodo. "Tadisi budaya wiwitan ini harus dilestarikan karena termasuk nguri-uri kebudayaan nenek moyang kita, bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa," sebut Ponco sapaan akrab Ponco Radius Widodo saat ditemui kabarjateng di sela tradisi wiwitan, Kamis 28 Juli 2022.

Pantauan media ini, wiwitan massal dilakukan oleh warga RT 1 dan RT 2 Desa Tamansari. Di bawah binaan Ketua RW 1 Widodo, wiwitan massal berlokasi di Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Tamansari. 

Acara wiwitan dimulai sekira pukul 07.00 WIB, dengan lantunan doa-doa yang dipanjatkan dengan khusyuk, harapan warga agar panen padi berjalan lancar.  Adat budaya yang berujud tradisi wiwitan ini akan dipertahankan oleh masyarakat Desa Tamansari. 

"Tadisi wiwitan menjelang panen padi, harus dipertahankan dari kepunahan.  Hari ini selepas dzuhur warga RW 2 juga akan melakukan tradisi wiwitan di lokasi lain yang masih di wilayah Desa Tamansari," urai Ponco yang hadir langsung saat kegiatan warga tersebut. (*) 

penulis    : heri prastowo/ngabdiri koim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com