Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 16 Juni 2022

Seorang Ibu Dituntut Serba Bisa : Sarasehan Mewujudkan Keluarga Pelopor

Sarasehan di Pendopo Bupati Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati Said Romadhon mengatakan, dalam mewujudkan keluarga pelopor, seorang Ibu memiliki peran yang sangat penting sebagai Ibu dari anak-anak dan sebagai istri pendamping suami. 

Keluarga pelopor adalah keluarga ideal yang bisa menjadi contoh, menjadi teladan dalam segala bidang. Ibu dituntut untuk serba bisa segalanya, dan yang pasti semua harus ada kerja sama dengan suami. Hal tersebut disampaikan Erna Said pada kegiatan sarasehan  bertema mewujudkan keluarga pelopor, berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo. 

Turut hadir penasehat DWP Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, narasumber Dr Nikmah Nurbaiti MPd BI, Umi Marfuah SAg dan moderator Dra Titik Mintarsih MPd. Lebih lanjut Erna Said mengatakan, Ibu harus pandai mengatur keuangan dengan baik supaya tidak gali lubang tutup lubang, Ibu harus memastikan kesehatan anak, Ibu harus mengarahkan pendidikan anak, Ibu agar memanfaatkan halaman pekarangan dengan menanam tanaman obat-obatan, sayuran, dan tanaman buah. Hampir semua urusan dalam keluarga kata Erna Said, Ibu sangat berperan. Ibu juga harus ada komunikasi yang baik dengan suami. 

“Kalau ada kerja sama yang baik antarsuami istri dan anak insyaallah akan terwujud keluarga yang harmonis, ideal, yang mampu mengatasi masalah. Semoga kita semua bisa menjadi contoh yang baik, baik dari penampilan, perilaku, berbicara nantinya akan tercipta keluarga sejahtera,” tandasnya. 

Narasumber Nikmah Nurbaiti memaparkan, definisi keluarga pelopor adalah keluarga yang berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup. Orang tua adalah teladan bagi anak-anak. Artinya apa yang anak lihat sehari-hari, maka anak akan melakukannya. 

Makanya dalam keluarga perlu menanamkan nilai-nilai yang baik. Juga pentingnya menguatkan karakter positif dengan keteladanan baik dalam disiplin, tanggung jawab, dan menghargai orang lain. Untuk pendidikan anak lanjut Nimah Nurbaiti, seorang ibu harus bisa mengembangkan potensi yang dimiliki anak, sehingga bisa tepat dalam meningkatkan kualitas diri. Termasuk dalam hidup bermasyarakat, bisa terampil ketika ada kegiatan agar anak ikut andil. 

“Anak juga agar dibiasakan kerja keras, baik dalam sekolah anak harus belajar, dalam bekerja anak harus disiplin. Terkait papan atau rumah adalah tempat terbaik, karena di dalamnya ada keluarga yang tediri suami istri dan anak. Walaupun rumahnya sederhana tapi kalau isi keluarganya harmonis akan terasa nyaman,” ujarnya. 

Sedangkan Umi Marfuah memaparkan, keluarga Indonesia terkepung budaya asing yang bertentangan dengan nilai budaya, agama, dan ideologi yang ada di Indonesia yang nantinya akan merusak keluarga. “Kalau keluarga Indonesia tidak tangguh otomatis anak sebagai penerus kita juga akan hancur. Makanya kita harus menyelamatkan keluarga,” jelasnya. 

Menurutnya, keluarga harus dibangun dengan pernikahan yang sah secara agama dan undang-undang, sehingga anak perlu diawasi jangan sampai anak perempuan hamil diluar nikah. Sebagai orang tua harus tegas tapi tetap dengan kasih sayang. “Kita harus mengingatkan anak agar tidak melakukan kemunkaran. Keluarga harmonis bukan keluarga yang tidak mempunyai masalah, tetapi keluarga yang bisa menyelesaikan,” tutur Umi. (aspi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com