Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 28 April 2022

Pengawasan Peredaran Makanan : Dinkes Purworejo Temukan Kue Kedaluwarsa

Pengawasan peredaran makanan oleh Dinkes
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.DI - Menjelang Hari Raya Idul Fitri kebutuhan masyarakat meningkat terutama makanan dan minuman sebagai persiapan hidangan di Hari Lebaran. Untuk melindungi konsumen, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo melakukan pengawasan peredaran makanan dan minuman di sejumlah swalayan dan toko. 

Seperti di swalayan kota ditemukan kue basah kedaluwarsa. Kegiatan yang dipimpin Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo Triyanto Apt MKes tersebut menggandeng Satpol PP dan Damkar, Polres, Dinas PMPTSP dan Dinas Kominfostasandi, kegiatan digelar Selasa (26/4/2022). 

Kabid Triyanto menjelaskan, penemuan makanan dan minuman kedaluwarsa, dilakukan pembinaan kepada pedagang dan menandatangi surat pernyataan untuk menarik produknya serta diminta untuk melindungi konsumen dengan menjual produk yang sehat. Kegiatan ini dalam rangka pengawasan pangan pos market Dinas Kesehatan melakukan sampel di 4 kecamatan. Pengawasan selama 4 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri sampai Kamis (28/4/2022) mendatang. Tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat ataupun pembeli. 

“Karena suatu produk makanan jika dikonsumsi bukan hanya diri sendiri itu harus mempunyai izin edar, yang berarti produsen sudah mengikuti penyuluhan. Yakni tentang bagaimana cara higienisasi kebersihan, menghindari penggunaan bahan baku yang terlarang, pemanis buatan, pewarna buatan dan lainnya. Intinya guna melindungi kesehatan konsumen dari cemaran baik fisik, kimia maupun biologis terhadap cemaran pangan,” tuturnya. 

Dikatakan, kiat-kiat cara membeli produk makanan minuman menjelang Lebaran, antara lain waspadai dengan melihat tanggal kedaluarsa, label yang menerangkan kandungan bahan makanan, apakahsudah ada izin edar, pastikan pewarna yang digunakan merupakan pewarna makanan. Masyarakat sebagai pembeli harus ekstra waspada, karena biasanya menjelang Lebaran ada saja ditemukan produk berbahaya bagi kesehatan seperti pewarna kimia, sudah kedaluwarsa, dan sebagainya. 

Triyanto menambahkan, ada beberapa produk yang izin edarnya belum ada. Izin edar terdapat dua macam yakni produksi pabrik modern berupa makanan dalam dengan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Dalam pengawasan ini juga ditemukan produk kue kering yang belum terdapat izin edar. 

“Karena pemilik belum mengikuti penyuluhan sehingga di dalam label pun belum terpenuhi syarat label yang baik. Sehingga kami menyarankan agar pemilik segera mengikuti pelatihan penyuluhan keamanan pangan dan mengurus perizinan,” ujarnya. 

Di Purworejo lanjutnya, yang ditemukan adalah rata-rata kelengkapan label dan menjual produk yang mendekati tanggal kedaluarsa untuk produk kue basah yang hanya tahan maksimal 7 hari. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com