Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 12 Maret 2022

Bulan Maret sebagai Bulan WR Supratman atau Bulan Indonesia Raya

Peringati Hari Lahir Komponis dan Jurnalis WR Supratman Asli Somongari-Purworejo

Penyerahan hadiah bagi para pemenang
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, telah menetapkan bulan Maret sebagai Bulan WR Supratman dan Bulan Indonesia Raya. Penetapan itu diumumkan Bupati Purworejo Agus Bastian, juga Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho, dalam acara Festival WR Supratman atau Tribute to WR Supratman, di Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Rabu 9 Maret 2022. 

Tribute to WR Supratman merupakan rangkaian kegiatan perdana peringatan hari lahirnya komponis lagu Indonesia Raya dan pahlawan nasional yang lahir di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Festival WR Supratman sendiri dimulai sejak Rabu 9 Maret 2022 atau bertepatan dengan Hari Musik, yaitu mengolaborasikan dengan beberapa kegiatan sampai dengan di tingkat desa yaitu di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing dengan diisi berbagai kegiatan seperti musik, seni pertunjukan, senirupa, fotografi, video, DKU dan lainnya. 

"Diawali malam ini dengan menghadirkan seni pertunjukkan karya seorang WR Supratman yang menjadi musisi, komponis, violis, pencipta puisi, jurnalis, dan sebagai pencipta lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan kegiatan komunitas offroad 4 x 4 pada tanggal 12-15 Maret 2022, peringatan di memorial house of WR Supratman di Desa Sumongari pada tanggal 18-19 Maret 2022," ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho, saat ditemui usai kegiatan. 

Hal yang menarik dalam kegiatan malam itu, lanjutnya, Tribute to WR Supratman juga diisi dengan launching serta pemberian hadiah pemenang lomba Mars Purworejo yang diikuti oleh 67 peserta yang diadakan Prokopim Setda Purworejo, penghargaan kampung cantik yang diselenggarakan oleh LH dan Perikanan Purworejo, launching perangko dan kartu pos edisi khusus WR Supratman oleh PT Pos Indonesia Kabupaten Purworejo. 

"Dan yang paling utama adalah pencanangan bulan Maret sebagai Bulan WR Supratman atau Bulan Indonesia Raya, ini sebagai bentuk apresiasi dimana pahlawan di Indonesia itu banyak, pejuang di Indonesia juga lebih banyak, namun pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya hanya satu yaitu WR Soepratman yang berasal dari Purworejo," jelasnya. 

Disebutkan, untuk pemenang lomba kampung cantik diraih sebagai juara 1 yaitu dari Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing, juara 2 diraih Desa Dlisenkulon Kecamatan Pituruh dan juara 3 diraih Desa Ganggeng Kecamatan Purworejo. 

Sementara itu untui pemenang Lomba Cipta Mars Purworejo yaitu juara pertama diraih oleh Leonardo Agus Wahyudi Minarko dan berhak mendapat hadiah sebesar Rp 20 juta, juara kedua diraih Dwi Suryanto dan juara ketiga diraih pasangan Amalia Putri Puspitasari dan Qantaza Rian Ardito. 

Aan berharap, ke depan kegiatan peringatan WR Supratman tidak hanya dilaksanakan sederhana, namun bisa dilaksanakan selama sebulan di bulan Maret secara meriah. 

"Karena tahun ini masih dalam pandemi jadi kegiatan kita gelar secara sederhana, semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi dan bisa dilaksanakan secara sebulan penuh," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Purworejo, Agus Bastian, mengatakan, WR Soepratman adalah seorang komponis sekaligus juga seorang jurnalis, yang mewarnai karya-karyanya dengan semangat dan nilai-nilai kecintaan pada tanah air. Dengan begitu dirinya berharap para seniman dan jurnalis di Kabupaten Purworejo bisa terinspirasi dan termotivasi untuk berkarya dan bekerja sama secara sinergis dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya, guna mendukung pembangunan dan kemajuan Kabupaten Purworejo. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com