Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 14 Februari 2022

Tradisi Tenong dan Panjang Ilang sebagai Sesaji Merti Desa Semagung-Bagelen

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Warga Desa Semagung Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar selamatan desa atau merti desa di Balai Desa setempat, Minggu 13 Februari 2022. 

Dalam selamatan desa itu, warga membawa ratusan tenong yang berisi walimah berupa nasi, sayur, lauk dan buah yang diwadahi dengan panjang ilang, yaitu keranjang atau tempat (wadah) walimah yang terbuat dari anyaman janur. Selamatan desa itu juga diisi dengan pagelaran wayang kulit sehari semalam. 

Selamatan desa atau merti desa digelar guna memohon keselamatan jagad cilik dan jagad gedhe kepada Tuhan Yang Maha Esa. Seksi acara merti desa, Prabandoko bersama Kades Semagung, Sunarno, mengatakan, selamatan Desa Semagung diadakan dua tahun sekali yang jatuh pada bulan Rejeb dan dilakukan seluruh warga desa dengan acara inti memohon keselamatan jagad cilik dan jagad gedhe kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Di tahun 2022 ini selamatan Desa Semagung diadakan pada hari pinilih, yaitu Radite Kasih (Minggu Kliwon), tanggal 12 Rejeb 1443 H atau 13 Februari 2022 M, bertepatan dengan Wuku Bala, Mangsa Kawolu, Tahun Alip, Windu Sancaya. 

"Yang dimaksud jagad cilik adalah jagad diri manusia sekeluarga dan jagad gedhe adalah seluruh alam Desa Semagung seisinya," jelas Prabandoko. 

Dalam permohonan keselamatan atau merti desa itu, disertai dengan pembuatan dua macam uborampe sesaji, yaitu tiap kepala keluarga membuat walimah berwujud tenong dan panjang ilang yang berisikan nasi, sayur, lauk dan buah. Sedangkan Kepala Desa dan perangkat membuat walimah berupa uborampe aneka sesaji seperti ingkung, jenang abang putih, jenang baro baro, golong giling, jajan pasar, tumpeng jagak papat, degan dan lainnya. 

"Sesuai kesepakatan pada Minggu tanggal 13 Februari 2022, tiap wilayah RT memukul kentongan sebagai tanda warga sudah waktunya membawa sesaji tenong ke Balai Desa, sementara panitia Rejeban mengatur uborampe sesaji selamatan desa yang dibuat oleh Kepala Desa dan perangkat desa dalam gelaran karpet di dalam Balai Desa," katanya. 

Disebutkan, ada sekira 160 tenong dan panjang ilang yang dibawa oleh warga dari perwakilan 4 Pedukuhan yang ada. tenong dan panjang ilang itu dikumpulkan dan ditata di tempat yang telah ditentukan oleh panitia. 

"Setelah sesepuh dan undangan duduk di Balai Desa serta rombongan Dalang dan wiyaga siap ditempatkan, maka acara diisi dengan penyampaian sejarah babad alas, mbangun desa, mengupas salah satu ajaran leluhur yang termuat dalam bahasa simbol yang ada pada salah satu uborampe sesaji (makna tenong, panjang ilang, tumpeng jagak papat dan lainnya) dan doa bersama. Sementara itu di luar Balai Desa, pada lokasi yang telah ditetapkan, tenong dari 4 Dusun dikumpulkan, ditata dan diolah oleh para petugas, yaitu makanan dalam panjang ilang ada yang saling ditukar, makanan dalam panjang ilang ada yang diambil untuk dahar (makan) bagi wiyaga dan panitia dan diberikan kepada pamong dan sesepuh desa serta sebagian untuk para pedagang yang berjualan di sekitar balai desa," bebernya. 

Usai melakukan doa bersama dan menikmati hidangan, makan dan minum, seluruh warga dan tamu undangan menyaksikan ringgit purwa (wayang kulit) dengan lakon Merkukuan (Sri Mulih) oleh dalang Ki Sarjono dari Desa Bagelen pada siang hari dan lakon Semar Mbangun Kahyangan oleh dalang Ki Gunawan dari Desa Keduren pada malam hari. 

"Ini adalah melestarikan warisan leluhur sebagai wujud syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan kenikmatan, kesehatan, rejeki, ketentraman dan kesejahteraan, sekaligus sebagai sarana memupuk rasa gotong royong untuk menjadikan Desa Semagung yang kuat dan maju serta kompak. Harapannya masyarakat diberikan keselamatan, rejeki yang melimpah dan sejahtera," pungkasnya. (widarto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com