Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 23 Januari 2022

Sasar Masyarakat yang Belum Divaksin, Binda Jateng Gelar Vaksinasi di Desa Sukowuwuh-Purworejo

Vaksinasi di Desa Sukowuwuh-Bener
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, tengah menyasar masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksin di beberapa daerah salah satunya di Desa Sukowuwuh Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. 

Hal itu dilakukan untuk menciptakan kekebalan komunal khususnya di wilayah Jawa Tengah. Brigjen TNI Sondi Siswanto SH MM selaku Kabinda Jawa Tengah menjelaskan, pihaknya juga menyelenggarakan vaksinasi massal anak/pelajar usia 6-11 tahun dan masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster di 13 (tiga belas) wilayahnya. 

Beberapa kabupaten tersebut di antaranya Kabupaten Temanggung, Purworejo, Magelang, Pati, Rembang Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Sukoharjo, Banyumas dan Banjarnegara. 

"Kita menargetkan sebanyak 19.000 orang peserta," katanya pada Kamis 20 Januari 2022. Pihaknya menyebut Jenis vaksin yang digunakan bagi anak/pelajar yaitu jenis Sinovac yang telah mendapatkan izin dari BPOM untuk digunakan bagi anak/pelajar usia 6 – 11 tahun, sementara untuk masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan setempat. 

"Binda Jateng dalam kesempatan ini, mendirikan sebanyak 18 sentra vaksinasi di 13 kabupaten," katanya. 

Sementara itu, untuk pelaksanaan vaksinasi booster akan dilaksanakan di Kab Sukoharjo dan di Kab Pati yang juga melaksanakan vaksinasi anak dan pelajar. "Vaksinasi anak/pelajar usia 6 – 11 tahun sangat diperlukan mengingat anak juga rentan tertular virus Corona. Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi anak/pelajar usia 6-11 tahun," katanya. 

Pihaknya berharap orang tua siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka di tengah pandemi saat ini. Guna menarik minta anak-anak mengikuti vaksinasi, maka dalam beberapa kesempatan ia mengajak anak-anak bermain sehingga anak-anak tersebut tidak takut jika mereka akan divaksin. 

"Vaksinasi warga secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng bersama dengan tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola/door to door warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi," katanya. 

Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin. "Vaksinasi booster merupakan amanat Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk melaksanakan vaksinasi booster. Adapun target vaksin booster adalah masyarakat minimal berumur 18 tahun serta minimal telah mendapatkan vaksin lengkap enam bulan sebelumnya," katanya. 

Dalam kegiatan ini, petugas Binda Jateng tetap memberikan edukasi protckol kesehatan kepada anak / pelajar dan masyarakat yang telah divaksin, yaitu diminta tetap menggunakan masker setiap melakukan aktivitas, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kami berharap tidak terjadi lonjakan Covid terutama pasca masuknya varian baru di Indonesia. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com