Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 21 Januari 2022

Aliansi Rakyat Petani Purworejo Desak Bendungan Bener Segera Diselesaikan

Massa meminta bendungan segera jadi
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ratusan massa dari berbagai daerah di Kabupaten Purworejo yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Petani Purworejo, menggelar aksi damai, Jumat (21/1/2022). Dalam aksinya, massa mendorong agar Proyek Strategis Nasional Bendungan Bener segera diselesaikan.  

Pasalnya, kebutuhan air dari Bendungan Bener tersebut sangat dibutuhkan bagi petani di Kabupaten Purworejo. Dalam aksi tersebut, massa aliansi mendapatkan pendampingan dari organisasi masyarakat Komando Bela Rakyat (KBR). 

Komandan KBR, R Heri Priantono SH menyampaikan, kebutuhan air bagi para petani merupakan hal yang vital. Terlebih, beberapa tahun terakhir aliran irigasi yang bersumber dari Waduk Wadaslintang mengalami penurunan debit. 

"Para petani memiliki harapan besar terhadap Bendungan Bener. Kami yakin, jika air dari Bendungan Bener sudah mengalir, petani dapat melakukan panen hingga tiga kali dalam satu tahun," katanya. 

Heri menambahkan, karena debit air irigasi yang terbatas, para petani harus menyedot dari sumur sehingga menambah beban operasional. Kabupaten Purworejo merupakan wilayah penyangga pangan nasional sebagai lumbung padi khususnya Jawa Tengah bagian selatan. 

Dengan luasan lahan 29.004 hektare areal sawah yang dimiliki, produktivitas padinya tidak perlu diragukan lagi. Asal diurusi dan didukung dengan kebijakan pemerintah yang baik, infrastruktur yang baik, pendampingan, pembinaan dan lain sebagainya. Pasang surut hasil panen padi adalah hal yang wajar dalam dunia pertanian. Jika sedang baik karena ditopang dengan aliran air irigasi yang cukup, pupuk yang tersedia, serangan hama minim, hasilnya sangat maksimal. 

Akan tetapi jika paling tidak satu dari tiga hal tersebut yakni air, pupuk dan hama tidak terkendali hasilnya akan berkurang. Berkaitan dengan hal tersebut, kami ingin menyampaikan aspirasi terkait realita yang kami hadapi di lapangan. Terlebih sejak tiga tahun terakhir. Area pesawahan yang dialiri dari Waduk Wadaslintang seringkali tidak cukup karena debitnya berkurang. Hal ini memberikan dampak negatif bagi produktivitas padi di wilayah kecamatan Gebang, Kemiri, Kutoarjo, Bayan, Purworejo, Banyuurip, Ngombol dan sejumlah kecamatan lainnya. 

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap bertambahnya biaya produksi perawatan padi karena untuk mencukupi kebutuhan air harus menyedot dari sumur. Dan dalam situasi tertentu airnya juga tidak mencukupi. 

Karena urgensi ketercukupan air terhadap stabilitas produksi padi di lumbung padi Jateng Selatan ini, Aliansi Rakyat Petani Purworejo mendorong pemerintah agar mempercepat pembangunan Bendungan Bener yang nantinya menyuplay air ke area persawahan di Purworejo. (*/kj/koim) 

Dari situasi dan kondisi tersebut, serta adanya peluang solusi yang sudah ada di depan mata, Aliansi Rakyat Petani Purworejo menyatakan sikap dan tuntutan. Sikap dan tuntutannya, yaitu sebagai berikut : 

1. Normalisasi infrastruktur irigasi secara menyeluruh

2. Percepatan pembangunan Bendungan Bener

3. Mendukung eskavasi material Bendungan Bener di Desa Wadas

4. Mendukung penuh pemerintah dan aparat keamanan untuk menegakkan supremasi hukum terhadap oknum perusuh dan penghambat pembangunan bendungan Bener

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com