Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 23 Desember 2021

Buruh Gendong di Pasar Baledono-Purworejo Terima Tali Asih dari Jupe

Apresiasi Jurnali Perempuan Kabupaten Purworejo Memperingati Hari Ibu

Jurnalis Perempuan Purworejo memberi apresiasi pada buruh gendong di Pasar Baledono
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Seorang buruh gendong perempuan bernama Sulastri di Pasar Baledono yang terletak di Kecamatan dan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapat tali asih dari Jurnalis Perempuan (JuPe) Kabupaten Purworejo di Hari Ibu, pada Rabu (22/12/2021). 

Sejumlah wartawan perempuan serta didukung Humas dan Protokol Sekda Kabupaten Purworejo memberikan apresiasi kepada Sulastri yang sudah lebih dari 25 tahun sebagai buruh gendong di Pasar Baledono. Apresiasi diberikan berupa bingkisan dan uang tunai, untuk meringankan bebannya. 

Sulastri yang beralamat di Kampung Brengkelan RT 06 RW 02 Kecamatan Purworejo, sehari-harinya bekerja di Pasar Baledono dari pukul 06.00 sampai pukul 14.00 WIB, menunggu orang memakai jasanya. 

Jam-jam ramai orang memakai jasanya antara pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Upah yang tak seberapa selalu ia terima, tidak menyurutkan semangatnya tetap mengais rejeki sebagai buruh gendong. 

"Saya tidak pernah memasang tarif, seikhlasnya orang memberi upah. Ada yang memberi Rp 3.000, ada Rp 5.000 atau berapa saja asal ikhlas, saya terima," ungkap ibu dengan 4 orang anak. 

Menurut Tri Gendong (begitu biasa orang memanggil Sulastri) sehari-harinya penghasilannya tidak menentu terkadang Rp 5.000, Rp 10.000 atau Rp.20.000. "Seberapa pun penghasilan yang saya terima, harus disyukuri. Terkadang saya mendapat rejeki lain, dari ngeroki dan mijet orang," imbuh nenek dengan 5 orang cucu. 

Dalam pandemi Covid-19, pasar sepi, Sulastri seringkali tidak mendapatkan upah sebagai buruh gendong, beruntung dia masih memiliki keahlian lain yaitu kerok dan pijat. Upah dari ngeroki dan mijet berbeda dari upah sebagai buruh gendong, di sini bisa Rp10.000 atau Rp 20.000 bahkan kadang-kadang lebih. 

Sulastri di usianya yang hampir senja, sekarang tidak pernah menggendong beban yang berat lagi, karena kaki kanannya sudah cacad. "Saya dulu pernah jatuh saat menggendong brambang (bawang merah) seberat 61 kilogram. Saat itu saya mengalami cidera berat, di kaki kanan," sebut Sulastri yang bersuami seorang buruh di pabrik tahu di Desa Grantung Kecamatan Bayan. 

Saat ini kemampuannya bekerja, imbuhnya adalah menggendong beban di bawah 10 kilogram. "Biasa saya menggendong sayuran, bakso, beras. Apa saja orang menyuruh, saya siap," ujar istri dari Salamun. 

Dia menambahkan 4 anaknya, 3 orang sudah berumah tangga, tinggal si bungsu yang masih tinggal bersamanya. Anak bungsunya sudah mandiri, namun Sulastri masih enggan untuk pensiun dari buruh gendong. 

"Daripada saya nganggur ya mending ke pasar, di rumah juga mau ngapain. Selain itu saya memilih punya penghasilan sendiri," terang Tri. Jika belum ada order membawa barang, Sulastri biasanya nongkrong di warung soto atau warung minum lantai 2 Pasar Baledono. Sulastri sering juga diminta oleh penjual soto untuk cuci piring. Sementara itu, perwakilan JuPe, Yudia Setiandini bersama Wahyu Nur Asmani, mengatakan dalam rangka hari Ibu, JuPe memberikan apresiasi kepada Sulastri seorang buruh gendong, di Pasar Baledono. 

Kegiatan kali ini merupakan bentuk apresiasi JuPe Purworejo kepada seorang ibu yang berjuang menghidupi keluarganya, membantu perekonomian keluarga menjadi buruh gendong. "Semoga bisa menginspirasi bahwa seorang ibu akan berjuang sekuat tenaga agar anak-anaknya bisa mendapatkan kehidupan yg lebih baik dibanding dirinya," ujar Yudia. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com