Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 22 November 2021

Gencarkan Kembali Gerebeg Pasar KKBK

Dipusatkan di Pasar Kemiri, Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Program kerja KKBPK Kabupaten Purworejo di wilayah Kecamatan Kemiri
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pas Sasaran (Gerebeg Pasar) yang merupakan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kabupaten Purworejo mulai digencarkan kembali. Gerebeg pasar dipusatkan di Pasar Kemiri Kecamatan Kemiri yang dibuka Plt Kepala Dinas Dinsosdukkbpppa Drs Pram Prasetyo Achmad MM. 

Kegiatan yang sekaligus sosialisasi cegah stunting tersebut, juga dihadiri Kabid KB Widodo SKep NS MM, Kasi Advokasi KIE Made Sri Wardani AMd, Camat Kemiri Nur Huda SSTP MIP beserta Forkopimcam, Kepala Desa Kemiri Lor dan sejumlah undangan. Dalam sambutannya Pram Prasetyo mengatakan, program KKBPK merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan guna menekan laju pertumbuhan penduduk. 

Program KKBPK juga untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga. Sehingga sosialisasi KKBPK harus selalu digaungkan, salah satunya melalui Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kreatif dan kegiatan gerebeg pasar. 

Menurutnya, gerebeg pasar sangat penting untuk mensosialisasikan KKBPK, terutama untuk menyasar masyarakat luas dari berbagai wilayah dari lintas desa maupun kecamatan yang berbaur dalam melakukan aktivitas ekonomi di pasar. 

“Ini tepat sasaran karena masyarakat sambil beraktifitas bisa mendengar langsung dan menyerap pesan-pesan pemerintah tentang Keluarga berencana,” tutur Pram. 

Melalui gerebeg pasar Pram berharap, memotivasi masyarakat untuk menjadikan keluarga yang tangguh, sehat, dan keluarga yang berkualitas. Sehingga masyarakat menjadi sadar bahwa keluarga berencana di Indoneaia adalah salah satu bentuk prestasi, dan salah satu bentuk nilai harga diri, karena keluarga bisa berhasil menyiapkan generasi yang sukses. 

Sementara itu Kabid KB Widodo dalam laporanya menjelaskan kegiatan gerebeg pasar, untuk mempercepat tercapainya program pembangunan keluarga kependudukan dan keluraga berencana, meningkatakan advokasi dan KIE kepada stakeholder dan mitra kerja. Termasuk meningkatkan komitmen pemangku kepentingan serta meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam program KB. 

Kasi Advokasi KIE Made Sri Wardani menambahkan, kegiatan gerebeg pasar terhenti karena adanya pandemi Covid-19. “Kegiatan gerebeg pasar di pasar kemiri ini merupakan kegiatan yang pertama dalam tahun ini, dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain melakukan sosialisasi juga memberikan bingkisan bagi para pedagang yang ikut Program KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang,” jelasnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com