Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 24 November 2021

Piyani : Jangan Senang Dilantik Saja tapi Tidak Bekerja

Rakor Unit Jurnalistik Kwarcab Purworejo

Rapat koordinasi unit jurnalistik gelaran Kwartir Cabang Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pelantikan sebuah penanda untuk menjadikan kepastian dalam melaksanakan tugas secara resmi yang dibuktikan dengan Surat keputusan (SK). Setiap pelantikan pengurus, harus dibarengi dengan siap bekerja. 

“Artinya jangan senang dilantik saja tetapi kerjanya tidak mau. Karena ada yang ketika dilantik rajin tetapi giliran melaksanakan tugas pekerjaan, justru menghindari. Ini yang tidak boleh terjadi pada insan Pramuka,” ujar sekretaris Pramuka Kwarcab Purworejo Hj Piyani SPd. 

Hal itu disampaikan Piyani pada kegiatan rapat koordinasi unit jurnalistik Kwarcab Purworejo di Sanggar Pramuka Kwarcab Purworejo, pada Sabtu 20 November 2021. Turut hadir Andalan Abdimas Aspiyatun SIP, Andalan bidang organisasi dan hukum Daryanto SPd MPd. 

Lebih lanjut Piyani mengatakan, sebanyak 31 andalan muda yang sudah dilantik sebagai unit jurnalistik Kwarcab Purworejo, diharapkan dapat melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya secara maksimal. 

“Apalagi telah diberi bekal pelatihan tentang jurnalistik, tentunya supaya dapat diimplementasikan di lapangan. Tujuannya untuk mempublikasikan kegiatan Pramuka Kwarcab Purworejo, sehingga masyarakat paham,” tuturnya. 

Sementara itu Andalan Abdimas Aspiyatun selaku narasumber menyampaikan, pentingnya keberadaan unit jurnalistik Kwarcab. Tidak hanya sebagai pengemas informasi kepramukaan, namun juga sebagai filter agar informasi yang disuguhkan akurat dan valid. 

Dalam mengemas informasi menjadi sebuah berita agar memenuhi unsur 5 W 1 H. Yakni What, Who, When, Why, Where dan How, yang dalam Bahasa Indonesia masing-masing merupakan pertanyaan antara lain, Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Dimana dan Bagaimana. Berita juga harus aktual dan faktual, karena berita merupakan laporan peristiwa yang bersifat fakta ataupun opini yang aktual menarik dan penting. 

Daryanto menambahkan, dalam kepengurusan unit jurnalistik masing-masing personel mempunyai tugas sesuai bidangnya. Maka perlunya kesepahaman untuk melaksanakan tujuan yang sama mewujudkan keberhasilan unit jurnalistik di tingkat Kwarcab Purworejo. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com