Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 01 Oktober 2021

Desa Rendeng-Gebang Raih Predikat Desa Sadar Kerukunan

Digelar Kenduri Agung di Rumah Almarhum Jenderal Ahmad Yani

Pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Desa Rendeng Kecamatan Gebang-Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Desa Rendeng Kecamatan Gebang di Kabupaten Purworejo, berhasil meraih predikat Desa Sadar Kerukunan yang diberikan pada acara Pencanangan Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama, di rumah almarhum Jenderal Ahmad Yani, di Desa Rendeng, Kamis (30/09/2021). 

Penetapan ini didasari oleh SK Kanwil No 878 tahun 2021 tentang Penetapan Desa Sadar Kerukunan tanggal 16 Juli 2021 serta Rapat FKUB tanggal 6 September 2021. Hadir dalam acara yakni Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Kepala Kementerian Agama Jawa Tengah H Musta’in, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah KH Taslim Sahlan, Ketua FKUB Purworejo KH Habib Sholeh, Kepala Kementerian Agama Purworejo H Fatkhurohman MPd, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), Kepala Desa Rendeng Pariyono,serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

Wabup mengapresiasi kegiatan yang merupakan kerja sama antara Kementerian Agama dan FKUB tersebut. Ia mengatakan adanya Desa Sadar Kerukunan ini merupakan wujud nyata kebersamaan yang diidam-idamkan untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama. 

“Dengan Pencanangan Desa Sadar Kerukunan ini diharapkan mampu mendorong pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan seluruh warga untuk senantiasa menjaga kerukunan yang sudah dijaga selama ini,” tandasnya. 

Wakil Bupati Purworejo menyerahkan santunan untuk anak-anak yatim
Sementara itu KH Habib Taslim menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini yaitu menggali budaya guyub rukun yang telah ada di Desa Rendeng, mengingat di desa ini terdapat empat unsur agama. Kedua, mengembangkan kegiatan kerukunan sampai ke akar rumput. Ketiga, melestarikan kearifan lokal yang ditandai dengan digelarnya Kenduri Agung pada malam sebelumnya dan doa lintas agama. 

Keempat, mengenang sejarah wafatnya Jenderal Ahmad Yani, dimana saat Kenduri Agung disampaikan sejarah tentang Jenderal Ahmad Yani. 

“Harapan kami di Purworejo ada beberapa desa dan semoga Kabupaten Purworejo dapat di-SK-kan kembali untuk mendapat porsi desa sadar kerukunan,” kata Habib. 

Sedangkan Musta’in menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara untuk menjaga kerukunan. “Kita harus sekuat tenaga, harus bekerja keras, tidak boleh menyerah menjaga kekompakan, kerukunan, guyub rukun kita ini, karena begitu ini terkoyak maka persatuan Indonesia menjadi taruhannya,” ungkapnya. Acara ditutup dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim dan penanaman bibit pohon durian oleh Wabup Purworejo Yuli Hastuti.(*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com