Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 13 Juli 2021

Terendamnya 40 Ha Sawah di Pituruh : Pintu Air Alami Kerusakan Parah

Kondisi aliran sungai yang mengalami pendangkalan dan perlu normalisasi (foto koim/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kepala Desa Tunjung Teja Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Suhariyono SKom, ikut mengomentari permasalahan terendamnya 40 hektare lebih persawahan di kawasan Kecamatan Pituruh, meliputi  Desa Ampel, Prigelan, Sikambang dan Desa Pituruh.

Media ini menanyakan, akhir dari aliran drainase Kedunggupit Wetan yang tak bisa membuang air persawahan dari empat desa tersebut sehingga mengakibatkan tergenangnya area persawahan sepanjang tahun. Alhasil,  lahan sawah menjadi tidur dan nasib buruk dialami para petani. 

Suhariyono
Akhir dari aliran sungai yang telah dangkal dan menyempit itu, diakui, setelah adanya pintu air yang ada di desa Pepe Kecamatan Pituruh, tidak berfungsinya sebagaimana mestinya karena  terjadi kerusakan yang parah. 

Pintu air tersebut terbuat dari fiber dengan besi ulir untuk buka tutupnya. Namun apa daya, tak mampu menahan debit air yabg besar sehingga jebol. Memang fiber tidak mengalami kekaratan seperti besi tetapi daya tahannya kurang dan tidak bertahan lama. 

Penggunaan pintu air yang terbuat dari fiber ini sudah berjalan kurang lebih 3 tahunan. "Jadi selama ini memang belum pernah ada normalisasi aliran drainase 1 Kedunggupit Wetan yang telah menggenangi tanah persawahan keempat desa itu sepanjang tahun," aku KadesTunjung Teja saat ditemui media ini baru-baru ini di kediamannya.

Dirasa aneh, karena yang dilakukan normalisasi Sungai Wawar/Sungai Pepe yang membujur dari timur ke barat. "Awalnya dulu pernah ada yang dikatakan Sungai Gendong  sekitar 1980-an untuk mengatasi permasalahan yang terjadi namun dengan berjalannya waktu, Sungai Gendong itu hilang dengan sendirinya," beber Suhariyono.  

Komentar yang disampaikan Kades Tunjung Teja tersebut, senada dengan yang diungkapkan Kades Pituruh Akhmad Anwar yang juga ditemui kabarjateng. (koim/heri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com