Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 24 Mei 2021

Bupati Kebumen Minta Para Pegiat Seni Aktif Kampanyekan Prokes

Penandatanganan Pakta Integritas, Diizinkannya Kembali Pagelaran Seni 

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengajak pelaku seni mengampanyekan protokol kesehatan
KEBUMEN, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Kebumen melakukan penandatangan pakta integritas dengan para pegiat kesenian sebagai tanda diizinkannya kembali pertunjukan pagelaran seni di masa pandemi Covid-19 ini. 

Penandatangan dilakukan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dengan Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kebumen R Suman Sri Husodo dan Permadani mewakili pelaku seni dengan berbasis PPKM Mikro. 

Acara berlangsung di Panggung Sasana Pambiwara, Kantor Dinas Kominfo Kebumen, Sabtu (22/5/2021) malam. Sekaligus dimulainya pertunjukan wayang kulit yang turut dihadiri juga  jajaran pimpinan OPD dan seluruh camat di Kebumen.

Pertunjukkan wayang kulit di Panggung Sasana Pambiwara Dinkominfo Kebumen
Arif menyatakan, dalam pakta integeritas itu intinya adalah komitmen bersama antara para penggiat atau pelaku seni dengan pemerintah agar sama-sama bisa mawas diri, menjaga keselamatan jiwa dari bahaya virus corona. 

Caranya dengan patuh dan taat terhadap aturan yang berlaku dalam menjalankan setiap aktivitas. Misalnya, pertunjukan seni wajib menerapkan protokol kesehatan. Kapasitasnya tidak boleh melebihi 50 persen, hanya boleh dilakukan di wilayah zona hijau. 

"Kemudian pertunjukan seni seperti wayang kulit juga kita sepakati maksimal hanya sampai pukul 01.00 WIB. Tidak boleh lebih, dan harus diselenggarakan di wilayah zona hijau. Dalam pertunjukan seni itu juga harus aktif mengkampanyekan prokes ke masyarakat atau audience," ujar Bupati. 

"Aturan itu disepakati dan harus ditaati bersama, jika melanggar, maka mereka akan mendapatkan sanksi dari pemerintah," tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Arif juga turut menyampaikan keprihatinan dengan kondisi para penggiat seni di Kebumen yang hampir tidak manggung selama satu tahun ini. Keprihatinan itu juga dirasakan oleh semua orang, karena memang dunia tengah dicoba dengan adanya virus corona ini. 

"Yang bisa kita lakukan adalah bersabar, berdoa dan terus berikhtiar agar virus ini hilang, tidak bisa menyerang tubuh kita. Caranya bagaimana? Ya tadi, prokes harus kita terapkan, pemerintah juga terus mengupayakan program vaksinasi untuk seluruh masyarakat. Artinya kita tidak boleh diam diri, pasrah begitu saja menghadapi virus ini," jelas Bupati. 

Arif menyebut kondisi Covid-19 di Kebumen masih stabil naik turun, rata-rata per hari ada 14 sampai 16 orang terpapar virus ini. Dengan pakta integritas ini, Arif meminta bisa menjadi perhatian bersama, agar poin upaya pencegahan Covid-19 juga ditaati semua orang di semua tempat. 

"Mau di tempat pariwisata, pasar, masjid, di gedung, sekolah, kantor tempat kita bekerja, semua juga harus tetap menjalankan prokes. Jangan sampai kita abai atau lalai," tandasnya. (rilis kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com