Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 06 April 2021

Kepedulian Perumda Aneka Usaha Purworejo : Siap Beli Gabah dari Petani

Dirut Perumda Aneka Usaha Kabupaten Purworejo Didik Prasetya Adi (foto sigit/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Perumda Aneka Usaha Kabupaten Purworejo menunjukkan tren positif dalam pengelolaan dan pengembangan berbagai jenis usaha yang digelutinya. Tidak hanya mengejar sisi keuntungan semata, namun fungsi sosial bagi masyarakat Kabupaten Purworejo, juga diimplementasikan. 

Berbagai bidang usaha Perumda Aneka Usaha Purworejo seperti bergerak di perhotelan, percetakan, perdagangan umum dan terbaru yaitu penerapan usaha melalui sistem resi gudang (SRG).

Untuk diketahui, SRG merupakan instrumen perdagangan maupun keuangan yang memungkinkan komoditas yang disimpan dalam gudang memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan tanpa diperlukan jaminan lainnya sehingga dapat meningkatkan kredit/pembiayaan kepada petani, poktan, gapoktan, koperasi dan pelaku UMKM. 

Melalui SRG yang sudah diterapkan, Perumda Aneka Usaha Purworejo membeli gabah dari para petani di Kabupaten Purworejo. Dari sini, fungsi sosial terlihat jelas. Di mana saat musim panen beberapa waktu lalu atau masa panen musim tanam (MT) I, petani sangat kesulitan menjual hasil gabahnya, dikarenakan harga yang sangat rendah. 

Terkait anjloknya harga gabah, perwakilan kepala desa di wilayah Kecamatan Banyuurip menghubungi dan berkoordinasi dengan Dirut Perumda Aneka Usaha Purworejo Didik Prasetya Adi SH. Dari situ, Perumda Aneka Usaha menerapkan SRG, membeli gabah dari para petani dengan harga yang  baik. 

"Itu bentuk dari kepedulian dan fungsi sosial sebagai Perumda. Kami menyerap aspirasi tersebut. Pembelian gabah dengan sistem resi gudang, sudah berjalan. Dengan SRG, satu kuintalnya kami beli Rp 380.000. Kami memiliki alat pengering gabah, itu merupakan aset pemkab pada dinas terkait, kami pengelolanya. Kapasitas alat pengeringnya hingga 10 ton," beber Didik ditemui kabarjateng di ruang kerjanya, Senin (5/4/2021). 

"Silakan para petani di Kabupaten Purworejo yang akan menjual gabahnya kepada kami. Kami juga melayani sistem jemput. Di samping alat pengering, kami juga memiliki mesin penggiling. Jadi selain gabah, usaha lainnya yang kami kembangkan yaitu penjualan beras. Sedang disiapkan beras cap Durian Asli Purworejo," urai Didik. 

Masih kata dia, pihaknya pun fleksibel di lapangan, jika petani ingin menjual gabah langsung tanpa melalui SRG, pihaknya juga melayani. Kendati tidak seperti harga melalui SRG, namun harganya masih baik, tidak merugikan petani. 

Sisi lain untuk perdagangan umum, Perumda Aneka Usaha juga menyiapkan air mineral dalam kemasan cantik. Bahan baku airnya dari sumber air di Tuksongo, Purworejo. Segala sesuatunya sedang disiapkan untuk nantinya dipasarkan dan menembus pasar luas. Kualitas bahan bakunya sangat baik, rasanya pun lebih segar. Dari berbagai terobosan usaha tersebut, Dirut dan jajarannya optimis target pendapatan dapat tercapai. (kj)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com