Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 04 Maret 2021

Wabup Yuli Hastuti Apresiasi Tradisi Wiwitan Panen Desa Karangrejo-Loano

Wabup Purworejo Yuli Hastuti panen padi di Desa Karangrejo Kecamatan Loano (ist/kj)

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, bersama Gapoktan Catur Manunggal Desa Karangrejo menggelar tradisi selametan wiwitan panen padi. Kegiatan yang sudah dilaksanakan turun menurun ini dihadiri Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, didampingi sejumlah pejabat di antaranya Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (PPKP) Wasit Diono SSos, Camat Loano Laksana Sakti AP MSi, Forkopimcam Loano dan instansi terkait lainnya. 

Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petani yang ada di Karangrejo serta mengapresiasi karena tanaman padi yang mereka tanam hasilnya cukup baik dan memuaskan. 

“Maturnuwun untuk konco-konco tani semuanya, walaupun terdapat berbagai halangan dan kesulitan, namun tetap kerso menanam padi. Tradisi wiwitan panen ini juga menjadi salah satu wujud rasa syukur kita, ” kata Wabup. 

Dijelaskan, lahan persawahan di Kabupaten Purworejo sudah mulai memasuki masa panen pada bulan Maret ini, bahkan ada yang sudah selesai panen. “Lahan persawahan yang cukup luas di Desa Karangrejo membuat Kelompok Tani Catur Manunggal Karangrejo dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam mengelola pertanian agar mendapatkan kemudahan dari ketersediaan bibit hingga sampai masa panen,” jelas Wabup. 

Lebih lanjut Wabup juga mengapresiasi masyarakat Karangrejo, karena di zaman modern seperti sekarang ini masih tetap konsisten dengan tetap menjaga kearifan lokal dan nguri-uri kebudayaan leluhur yang sudah ada. 

Ketua Gapoktan Catur Manunggal Hariyono Bse menjelaskan,  luas lahan di Karangrejo kurang lebih 4 hektare dengan hasil panen diperkirakan mencapai kisaran 32 ton. Berbagai cara telah dilakukan gapoktan untuk mencapai hasil optimal dan memudahkan petani. Di antaranya menginisisasi kebun benih, yang tujuanya agar petani yang akan menanam padi tidak kesulitan untuk mencari benih padi karena benih padi telah tersedia. 

“Kita ingin memberikan contoh bagaimana sebenarnya berbudidaya kemudian pola tanam sesuai anjuran pemerintah, maka pada saat masa olah sudah kita lakukan sesuai dengan pola maupun waktu,” ungkapnya. 

Sementara Kepala Desa Karangrejo Patnani menjelaskan, acara wiwitan panen merupakan tradisi peninggalan leluhur yang perlu dijaga. “Kita juga akan berupaya semaksimal mungkin menjaga kualitas dan kuantitas hasil panen, tentu dengan pendampingan dari penyuluh dan itu akan berjalan beriringan dengan kita tetap menjaga tradisi leluhur kita,” katanya. (*/humas)

1 komentar:

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com