Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 08 Desember 2020

Survei SPI di Pilkada Purworejo : Paslon ASLI Diprediksi Menang 39,5 Persen

Pemilih Jokowi dan Prabowo saat Pilpres Solid Pilih Nomor 1 

Agustinus Susanto
SUARA Publik Indonesia (SPI) kembali melakukan survei untuk Pilkada Kabupaten Purworejo. Hasilnya, tiga pasangan calon yang akan berlaga pada 9 Desember 2020 secara persentase merangkak naik. Kenaikan tersebut karena sikap pemilih yang terus berubah-ubah dalam menentukan pasangan. 

Paslon Agustinus Susanto – Kelik Rahmad Kabuli Jarwinto (ASLI) dengan nomor urut 1 memperoleh 39,5 persen. Lalu, Kuswanto-Kusnomo (Bung Tomo) nomor urut 2 yakni 34,3 persen. Sedangkan Agus Bastian-Yuli Hastuti (Bayu) nomor urut 3 dengan 24,2 persen. 

"Masih ada suara sekitar kurang lebih 2 persen masyarakat yang belum menentukan. Tapi, bisa saja pergerakan suara berubah di menit terakhir jelang pencoblosan di TPS. Karena dalam lima menit bisa berubah ketika pencoblosan," tegas Peneliti Riset dan Data SPI, YN Rizal kepada wartawan di Purworejo, Selasa (8/12/2020). 

Berdasarkan data SPI menyebutkan, ASLI yang diusung PDIP, Gerindra dan PAN terdongkrak karena kekuatan mesin partai dan sosok Agustinus Susanto yang gemar blusukan dan bersih dari kasus korupsi. 

"Mesin partai dan figur yang merakyat dan melayani sangat menentukan sikap pemilih," ungkap YN Rizal. 

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini menyatakan, survei ini digelar pada 5 - 15 November 2020 dengan menggunakan metode sampling multistage random. Dan sampling ini memakai responden 1.000, dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. 

Sementara untuk tingkat margin eror-nya sekitar 2,8 persen. "Kandidat yang memiliki sosok jujur, ramah dan sopan serta bersih dari kasus korupsi dan tidak terlibat kasus hukum menjadi pertimbangan pemilih dengan persentase sekitar 96,4 persen. Data menunjukan sosok ASLI diminati karena bersih, jujur, sopan dan bersih dari kasus korupsi," ungkap YN Rizal. 

YN Rizal yakin kalau pemilih atau rakyat Purworejo sudah cerdas dalam menentukan pilihan. "Karena ini nasib lima tahun ke depan Purworejo, apakah ingin berubah atau tidak?," bebernya. 

Dia melanjutkan, yang menarik adalah pemilih Jokowi dan Prabowo saat Pilpres 2019 ternyata solid mendukung pasangan ASLI. "Ternyata ada kesamaan persepsi pemilih yang saat Pilpres mencoblos Jokowi dan Prabowo. Jika dipersentasikan limpahan suara Jokowi dan Prabowo untuk ASLI sekitar 89 persen," tambahnya.  

Survei Sebelumnya 

Pada survei sebelumnya yang digelar SPI kalau pasangan ASLI tercatat memperoleh 35,9 persen. Jika dibandingkan dengan survei pada 5 - 15 November 2020 maka ada kenaikan sekitar 4 persen. Lalu, Kuswanto-Kusnomo (Bung Tomo) mendapat 33,1 persen, dan pasangan incumbent Agus Bastian-Yuli Hastuti (Bayu) memperoleh 28,6 persen. 

Sementara untuk masyarakat yang belum menentukan pilihan ada sebanyak 2,4 persen. Direktur Riset dan Data SPI Agung W Hadi sebelumnya menjelaskan, survei yang digelar pada tanggal 20 Oktober hingga 30 Oktober 2020 itu menggunakan metode sampling multistage random, sampling ini memakai responden 1.000, dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. 

Sementara untuk tingkat margin eror-nya sekitar 2,8 persen. “Seandainya Pilkada Purworejo digelar hari ini, maka pasangan ASLI memenangi pertarungan 9 Desember 2020. Yang menarik adalah suara pemilih pria 23,6 persen dan wanita 22,1 persen memilih pasangan nomor 01. Untuk pemilih pemula yakni dari umur 17 – 20 tahun 27,6 persen memilih ASLI dan ini menandakan bahwa kalangan milenial menginginkan perubahan dan sosok yang berani,” jelas Agung W Hadi di Cafe Panggena Coffee Shop, Purworejo, Sabtu (14/11/2020). 

Agung mengungkapkan, untuk sebaran suara pemilih parpol disetiap kandidat masih solid baik pasangan nomor 1, 2 dan 3. Untuk ASLI suara PDIP, Gerindra dan PAN di atas 40 persen. “PDIP, Gerindra dan PAN solid ke Agustinus, dan jika mesin partai ini terus kencang maka dipastikan kemenangan milik Agustinus,” tambah mantan aktivis 98 ini. Dalam pertimbangan pemilih untuk memilih calon yang paling besar adalah kepribadian yang baik 96,4 persen, bersih dari kasus hukum 92,3 persen. Sementara untuk money politic kata Agung, ternyata warga Purworejo sudah cerdas. Artinya tidak tergoda dengan janji pemberian uang. “Jadi uang tidak lagi pemicu untuk mempengaruhi pemilih. Jika dipersentasi hanya ada sekitar 24,6 persen yang memilih calon karena diberi uang. Dan sisanya sekitar 75,4 persen kencenderungannya menolak money politic bahkan hanya mengambil uangnya tapi tidak mau memilih calonnya,” tambahnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com