Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 09 November 2020

Ernaningsih Serahkan Kepemimpinan IBI kepada Marjiyah

Ketua Baru Ajak Tingkatkan Kompetensi Bidan

Serah terima Ketua IBI Purworejo dari Ernaningsih ke Marjiyah (ist/kj)

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Setelah memimpin Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Purworejo selama 5 tahun, Ernaninigsih SSiT MKes menyerahkan IBI kepada Marjiyah SKM MM untuk menjabat sebagai Ketua IBI Kabupaten Purworejo untuk 5 tahun ke depan, 2018-2023. 

Marjiyah terpilih melalui proses pemilihan secara langsung layaknya Pemilu. Pemilihan Ketua IBI digelar dalam Musyawarah Cabang (Muscab) IBI Kabupaten Purworejo di gedung Graha Siola Pangenrejo, Sabtu (7/11/2020). 

Hadir pula PJs Bupati yang diwakili Kabag Kesra Faturahman MM, Ketua IBI Jawa Tengah Sumarsih SSi MHKes, Sekretaris Dinkes Ekaningtyas Darmiastuti Skep Ns MM dan sejumlah ketua organisasi profesi. 

Dalam Muscab tersebut, melibatkan 63 bidan sebagai pemilih yang merupakan perwakilan dari 620 bidan anggota IBI se-Kabupaten Purworejo. Sedangkan kandidat Ketua terdiri 5 calon dengan perolehan suara terbanyak Marjiyah meraih 20 suara dari total 63 suara. 


Kandidat yang lain masing-masing meraih 14 suara, 12 suara, 10 suara dan 7 suara. Dari hasil tersebut Marjiyah langsung dilantik sebagai Ketua IBI oleh Ketua IBI Provinsi Jawa Tengah. 

Sambutan PJs Bupati yang dibacakan Faturahman mengatakan, IBI perlu melakukan konsolidasi ke dalam dan keluar negeri serta advokasi ke semua stakeholder. Hal itu dilakukan untuk penguatan profesi dan meningkatkan peran bidan di masyarakat. Diharapkan, agar posyandu, poskesdes dan sarana kesehatan lainnya di desa lebih dioptimalkan pelayanannya untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goal’s (SDGs). Tujuannya yakni menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan hidup untuk seluruh masyarakat di segala umur. 

Dikatakan, Kabupaten Purworejo saat ini masih mempunyai pekerjaan berat untuk mengatasi permasalahan di bidang kesehatan. Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI), Penyakit malaria, Penderita HIV/AIDS dan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

“Saya mengajak semua sektor harus membantu demi tercapainya target pembangunan kesehatan. Bidan harus senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat agar dapat selalu tanggap dan peka sosial terhadap berbagai masalah kesehatan yang ada di masyarakat,” harapnya. 

Sementara itu Ernaningsih menjelaskan, Pelaksanaan Muscab sedianya akan dilaksanakan Maret namun karena pandemic covid sehingga tertunda dilaksankan saat ini. Tentu saja dengan menerapkan protocol Kesehatan. 

“Saya mengucapkan selamat kepada Ketua IBI yang baru beserta pengurus untuk dapat melanjutkan jalannya roda organisasi IBI sesuai dengan ketentuan organisasi. Juga agar menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang bermanfaat bagi kemajuan IBI Kabupaten Purworejo. Saya juga berterimaksih kepada pengurus lama yang telah mengabdi untuk kemajuan IBI,” harapnya. 

Sedangkan Marjiyah saat ditemui mengucapkan terima kasih kepada para anggota yang telah mempercayakan untuk mengemban tugas sebagai ketua pada 5 tahun kedepan. Tentunya harapanya agar semua anggota bisa berkoordinasi dengan baik terutama dalam hal pemberian pelayanan yang baik kepada ibu, bayi, dan anak yang merupakan tugas utama bidan. Seperti dalam strategi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), bidan harus meningkatkan kompetensi bidan agar bisa memberikan pelayanan secara paripurna. Bidan juga harus terlebih dulu memahami kondisi Ibu hamil yang memiliki potensi rawan saat melahirkan. 

“Maka jangan terlambat dalam memutuskan, segeralah bidan bertindak bila ada ibu hamil yang mengalami komplikasi, untuk merujuk ke RS yang peralatan medisnya lengkap,” jelas Marjiyah. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com