Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 18 Maret 2020

Ketika Balon Bupati AS Menyapa Seniman Purworejo

Hargai Karya Seni, AS Cukup Piawai Mainkan Seruling

Agustinus Susanto mencoba memainkan seruling buatan Gigih-putra sulung Dimas Nanang Hariyadi (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Kegiatannya yang begitu padat, bakal calon (balon) Bupati Purworejo Agustinus Susanto (AS) menyempatkan menyapa masyarakat Purworejo. Senin (16/3/2020) sore, tiba dari Jakarta langsung bersilaturahim dengan keluarga besarnya di Desa Ngandagan Kecamatan Pituruh-Purworejo. AS sempat berziarah ke makam kedua orangtuanya. AS yang mendaftar lewat DPC Gerindra Purworejo ini, memang dikenal rajin melakukan ziarah kubur, mengenang para leluhur dan menunjukkan darma bhaktinya.

Sebelum keesokan harinya bertolak kembali ke Jakarta karena ada tugas-tugas yang harus diselesaikan,  Senin (16/3/2020) malam, AS bersilaturahim ke salah satu sahabatnya, budayawan Dimas Nanang Hariyadi. 


Dimas Nanang bersama istri dan anaknya foto bersama Agustinus Susanto (ist/kj)
Nanang sapaan akrab Dimas Nanang Hariyadi merupakan seniman terkenal yang sudah malang melintang ke berbagai penjuru nusantara, kini Nanang berkiprah dan membangun Soko Galery Art di Desa Soko Kecamatan Bagelen. 

Ibarat bertemu sahabat lama, pertemuan begitu hangat. "Sayang sekali berada di sini, kalau saya cuma duduk dan ngobrol. Lebih baik kita keliling melihat satu per satu lukisan dan hasil karya lainnya para seniman," ungkap AS yang mencintai seni budaya, bertekad mengembangkan seni budaya Purworejo makin dikenal di kancah nasional maupun internasional, dan lebih penting mendorong bagaimana hasil karya para seniman menjadi lebih dihargai. 

Diam-diam AS ternyata cukup mahir bermain seruling bambu. Putra pertama Nanang, Gigih, yang kini masih kelas XII di salah satu SMKN di Purworejo, jago dalam bermain seruling bambu, seruling bambu dalam berbagai bentuk maupun khas berbagai daerah. 

AS sempat mempraktekkan gayanya main seruling di depan Nanang dan istrinya Saraswati serta Gigih. Tak mau kalah, Gigih pun memamerkan kepiawaiannya dalam memainkan seruling bambu. "Gigih bercita-cita masuk Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Khususnya di musik seruling. Tak hanya memainkan seruling,  Gigih juga membuat seruling bambu. Dan hasil karya serulingnya dipasarkan, nantinya untuk membantu pembiayaan saat masuk ISI Yogya," beber Nanang. 

Gigih bersama pemain seruling lainnya, membuat grup musik yang dinamai Pagar Bambu, mencintai kearifan lokal, memanfaatkan bambu di sekitar untuk digunakan alat musik dan memainkannya dengan penuh kecintaan. "Saya bangga dengan anak-anak muda, anak-anak milenial seperti ini. Tepat kata Bung Karno, berikan Aku 10 pemuda, akan Kuguncangkan dunia," tegas AS yang memborong teh daun kelor buatan usaha rumahan istri Nanang, Saraswati. (kj) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com