Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 21 Februari 2020

Sinergi Bawasalu-TNI Awasi Pilkada 2020

Dandim Pastikan Anggota TNI Netral 

Bawaslu Purworejo bersinergi dengan TNI dalam pengawasan pilkada 2020 (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Komando Distrik Militer (Kodim) 0708/Purworejo mendukung  Bawaslu Purworejo dengan bersinergi bersama mengawal tahapan Pilkada tahun 2020. Sinergitas itu dilaksanakan hingga jajaran tingkat desa dengan memetakan potensi pelanggaran terutama politik uang. 

Hal itu disampaikan Komandan Kodim Letkol Inf Muchlis Gasim SH MSi pada sosialisasi persiapan di Gedung Sudirman Kodim 0708/Purworejo, Jumat  (211/2/2020). Sosialisasi diikuti oleh 110 anggota TNI dan 16 Komando Rayon Militer (Koramil) di 16 kecamatan se-Kabupaten Purworejo. 

Gasim menyatakan TNI netral pada Pilkada tahun 2020 ini dan menjaga keamanan sampai tingkat desa."Netralitas TNI pada pilkada merupakan harga mati seperti halnya menjaga NKRI," kata Gasim di hadapan anggotanya. 
Koordinator Divisi Pengawasan Anik Ratnawati SPd mengatakan, Bawaslu juga akan bersinergi dengan TNI hingga semua level. "Sinergitas Bawaslu bertujuan  mengantisipasi berbagai jenis pelanggaran," kata Anik. 
Ketika memberikan materi Anik menyatakan, jajaran Koramil dapat bekerja sama dengan Panwaslu Kecamatan untuk mengawasi tahapan pilkada. "Potensi pelanggaran pasti terjadi sehingga perlu antisipati bersama," katanya. 
Beberapa potensi pelanggaran antara lain politik uang. Pada pemilu kemarin, jelas Anik, terjadi politik uang maka pada Pilkada tahun ini perlu diantisipasi. Dalam waktu dekat kata Anik, sinergitas dan koordinasi yang  dilakukan yakni persiapan pengawasan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan dan pemutakhiran data pemilih. 
Kepada anggota TNI, Anik berpesan untuk mencermati daftar nama mereka apakah tercantum di syarat dukungan bakal calon perseorangan atau tidak. "Hal itu juga menjadi bagian dari netralitas TNI dalam mendukung pilkada tahun 2020," kata Anik.
Sementara Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn, menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0708 atas sinergitas yang telah terjalin selama Pemilu 2019. "Harapannya pada Pilkada tahun 2020 ini dapat ditingkatkan bersama untuk mewujudakan hasil pemilihan yang berintegritas dan bermartabat," kata Kholiq. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com