Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 23 Februari 2020

Hindari Politik Dinasti, Suyoso Nantra : Rakyat Jangan Hanya Menjadi Korban!

Suyoso Nantra
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pengamat sosial politik tanah air Suyoso Nantra SSos MM, mengingatkan semua pihak memiliki tanggung jawab moral, tanggung jawab bersama untuk mewujudkan kehidupan demokrasi yang sehat dan dewasa. Suyoso Nantra mengulas, sejarah perjuangan Indonesia hingga memperoleh kemerdekaan dan kini di era pembangunan maupun pasca reformasi, yang diharapkan terus terwujud demokrasi yang baik, dewasa, pun kehidupun berpolitik yang sehat. 
"Para pendahulu kita telah berjuang keras hingga meraih kemerdekaan bangsa ini. Kita semua tinggal meneruskan perjuangan para pejuang, para pendahulu bangsa. Termasuk di era kekinian, tugas kita bersama pula untuk mewujudkan kehidupan berpolitik, kehidupan demokasi yang sehat dan dewasa," kata Suyoso Nantra, Sabtu (22/2/2020). 
"Para elit politik dari tingkat pusat hingga daerah, pemangku kebijakan, berikan contoh sikap berpolitik, berdemokrasi yang baik kepada rakyat," imbuh Suyoso Nantra yang sejak mudanya menjadi aktivis, yakni mantan Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Kota Balikpapan.

Dirinya mengharapkan tidak terjadi politik dinasti, politik kekuasaan yang hanya untuk keluarga, kelompok-kelompok atau golongan tertentu saja. Ia mengungkapkan itu, sebagai bentuk pencerahan bagi bangsa ini, tidak bermaksud menyinggung pihak manapun, sebagai bentuk penyadaran kehidupan bangsa, bahwa Indonesia ini dibangun oleh semua pihak tanpa kecuali. Sehingga sudah menjadi sepatutnya, para pemangku kebijakan dari pusat sampai daerah, bekerja keras dan fokus pada kepentingan rakyat, memajukan bangsa dan menyejahterakan rakyat.
"Hindari itu (politik dinasti), karena sejatinya kekuasaan yang didapat adalah untuk rakyat, jangan rakyat hanya menjadi korban belaka. Setop gaya kekuasaan yang hanya menumpuk materi, melanggengkan kekuasaan untuk kelompoknya saja, ingat dan kembali dengan perjuangan para pendahulu bangsa," urai Suyoso Nantra. 

Suyso Nantra bersama Syahril HM Taher
Untuk skala Kaltim khususnya, Suyoso Nantra tak henti menyerukan kepada semua pihak, bersiap diri menyambut Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kaltim. "Termasuk dalam proses pilkada, Kota Balikpapan maupun kabupaten/kota lainnya di Kaltim yang menggelar pilkada 2020, wujudkan pilkada yang berkualitas. Dengan pilkada berkualitas, menghasilkan para pemimpinnya yang berkualitas pula, karena Kaltim adalah Ibu Kota Negara. Termasuk Kota Balikpapan sebagai kota penyangga, harus terwujud pilkada yang berkualitas, jangan hanya kamuflase politik," sebut dia. 

Masih kata dia, masyarakat dengan kemajuan informasi dan teknologi sekarang ini, kian menjadi masyarakat yang cerdas dan kritis. Bisa menjadi bumerang, jika para elit politik dari pusat hinggga daerah tidak mencontohkan sikap dan tindakan yang benar-benar berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara, rakyat secara keseluruhan. 

"Harapan saya, pesta demokrasi serentak 2020 ini, bisa berjalan aman dan damai, serta berkualitas. Dan itu tugas kita bersama, sama-sama mewujudkannya, kepentingan rakyat di atas kepentingan semua," tutup dia. (kk) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com