Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 05 Desember 2019

"Jangan Hanya Perahu, Perlu Struktur Konstruksi untuk Menanggulangi Banjir"

Tatjuk Rusdarjono : Gorong-gorong Melintang Jalan Yogya, Pengerukan Sungai hingga Penanganan Lain 

Tatjuk Rusdarjono
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Salah satu pemerhati pembangunan dan lingkungan di Kabupaten Purworejo, Tatjuk Rusdarjono, yang tinggal di Dusun Bakungan Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi-Purworejo, mengomentari mengenai bantuan Pemkab Purworejo untuk tiga kecamatan yang rawan bencana banjir. Seperti Kecamatan Purwodadi, Bagelen dan juga Kecamatan Butuh. Ketiganya mendapatkan bantuan perahu fiber untuk kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan. 

Tatjuk yang dikenal ahli teknik sipil ini berpendapat, agar perlunya lebih lagi Pemkab Purworejo dalam hal penanganan banjir, yang memang menjadi 'tradisi' tahunan di beberapa titik di Purworejo saat musim penghujan.

"Perahu itu bukan antisipasi banjir, tapi sarana untuk eksekusi warga saat terjebak banjir. Perlu lebih lagi dalam hal penanganan untuk antisipasi banjir," tegas Tatjuk yang saat ini bekerja di salah satu BUMN dengan mengerjakan berbagai megaproyek di beberapa daerah di tanah air.

Langkah untuk penanganan antisipasi banjir, lanjut Tatjuk, salah satunya dengan mewujudkan struktur konstruksi untuk menanggulangi bencana banjir. "Artinya berupaya agar tidak kebanjiran. Tidak hanya menyediakan alatnya untuk menghadapi banjir, berarti tetap akan membiarkan terjadi banjir," imbuh Tatjuk-alumni SMAN 1 Purworejo. 

Masih kata mantan Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Jenar Wetan ini, seperti di sekitar kampungnya tinggal, tidak membutuhkan perahu. "Yang dibutuhkan sebuah perwujudan konstruksi untuk menanggulangi banjir itu, agar tidak terus terjadi. Dusun Bakungan Jenar Wetan, selalu menjadi langganan banjir. Rumah saya dan banyak warga lainnya, berkali-kali kebanjiran," terang dia. 

"Misal dengan membuat gorong-gorong cross (melintang) jalan raya Yogya-Purworejo. Pengerukan Sungai Bogowonto yang sudah dangkal dengan sedimentasinya. Dan bentuk antisipasi lainnya.  Berusaha menormalisasi sungai agar debit air terkendali lancar mengalir ke laut. Perahu itu sebagai back up darurat banjir," tutup Tatjuk yang selalu siap berdiskusi dengan siapa saja untuk kemajuan Purworejo. (kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Arifianto Indrawan, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com