Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 09 Mei 2019

SD MARIA PURWOREJO : SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN

Kegiatan siswa siswi SD Maria Purworejo, daur ulang barang bekas (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID- Salah satu SD favorit di Kabupaten Purworejo, SD Maria, terus berbenah dalam banyak hal. Baik itu sisi akademis maupun non akademis. SD Maria Purworejo pun, sangat peduli dengan lingkungan, sangat tepat sekolah ini menjadi sekolah Adiwiyata.

SD Maria Purworejo bernaung di bawah Yayasan Asti Dharma, dikelola para suster konggregasi PBHK. Tahun pelajaran 2018/2019 ini, menjadi tahun yang sangat penting bagi keluarga besar SD Maria. Selepas perayaan 90 Tahun SD Maria yang rangkaian acaranya digelar hampir selama 6 bulan, SD Maria segera bersiap menuju sekolah Adiwiyata.

Sekolah adiwiyata bisa diartikan sebagai sekolah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Adiwiyata sangat terkait dengan pembiasan-pembiasaan bagi seluruh warga sekolah. Warga sekolah harus mampu memilah sampah, mengurangi penggunaan plastik,  memanfaatkan barang bekas, merawat lingkungan hijau, dan yang utama adalah mampu menumbuhkan kesadaran bagi kita untuk mulai peduli dan ramah pada lingkungan.
Pemanfaatan barang bekas menjadi pot-pot tanaman, bentuk cinta lingkungan (ist/kj)
Lalu apa yang sudah dilakukan civitas akademika SD Maria? Bekerjasama dengan Komite Sekolah dan Paguyuban Parenting (paguyuban wali murid), sudah melaksanakan berbagai kegiatan mendukung Sekolah Adiwiyata. Seperti menambah wawasan bagi warga sekolah tentang pemanfaatan sampah dan barang bekas, memelihara lingkungan hijau di sekolah, siswa dan wali murid mulai mengolah barang bekas yang sebagian besar kerajinan sudah dipamerkan pada expo SD Maria.
Termasuk kunjungan siswa ke TPA Jetis dalam rangka pembelajaran pengolahan sampah bagi siswa, dan juga  sosialisasi di SD Maria tentang pengolahan sampah dari Bank Sampah Purworejo.  Komite sekolah juga membuat program pemilahan sampah dengan menyediakan tiga jenis tempat sampah untuk masing-masing kelas. Paguyuban parenting bersama siswa memanfaatkan lingkungan hidup sebagai apotek hidup.

Bukan hanya itu saja, kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler juga mencakup muatan materi yang terkait dengan kegiatan sekolah ramah lingkungan.  “Kami berharap semoga seluruh lembaga pendidikan yang ada di kabupaten Purworejo, mampu juga untuk mewujudkan sekolah ramah lingkungan dan menjadi model bagi seluruh lembaga pendidikan di Indonesia, mengingat kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan. Mari bergandeng tangan mewujudkan Bangsa Indonesia yang bersih dan ramah lingkungan,” ungkal Albert, salah satu guru SD Maria Purworejo. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com