Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 06 November 2018

Pendidikan Berdemokrasi bagi Siswa : Pilkasis SMPN 4 Digelar Layaknya Pemilu

Pilkasis Dihadiri Langsung Ketua KPUD Purworejo 


PENDIDIKAN DEMOKRASI :Yosiyanti didampingi Waka Kesiswaan bersama Dul Rokhim dan  panitia pilkasis
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Tidak pernah henti langkah inovasi dan kreatif yang dilakukan Kepala SMPN 4 Purworejo Yosiyanti Wahyuningtyas MPd. Dari pemikiran-pemikiran visionernya, SMPN 4 Purworejo menjadi makin maju, salah satu favorit atau pilihan orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya.

Satu lagi yang bukan hal baru di SMPN 4 karena sudah beberapa kali dilakukan, yaitu metode pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis) yang diselenggarakan layaknya pemilihan umum (pemilu). Sama persis dengan pola pemilihan kepala daerah (pilkada) baik itu pemilihan gubernur (pilgub), pemilihan bupati (pilbup) maupun pemilihan presiden (pilpres). SMPN 4 dalam menggelar pilkasis, bekerja sama dengan KPUD Kabupaten Purworejo. Baru-baru ini pilkasis SMPN 4 sudah digelar, dan berlangsung sukses, tercapai maksud dan tujuan yang diharapkan kepala sekolah dan jajarannya.  


Selayaknya pemilihan umum, juga ada bilik suara untuk pencoblosan (smpn 4 for kabarjateng)
“Ini bukan kali pertama, pilkasis SMPN 4 dilaksanakan layaknya pemilihan umum, seperti pilkada atau pilpres. Beberapa kali sudah digelar, memberikan pembelajaran kepada para siswa semua, mengenai demokrasi. Kebebasan dalam mengemukakan pendapat, gagasan, menyatakan pilihannya atau hak politiknya dengan benar dan baik,” ungkap Yosi sapaan akrab Yosiyanti Wahyuningtyas kepada media ini usai pelaksanaan pilkasis yang dihadiri Ketua KPUD Purworejo Drs Dul Rokhim MPd.  

“Tahapan demi tahapannya sama. Dimulai dari penjaringan calon, seleksi, penetapan calon, penetapan nomor urut, penyampaian visi misi, kampanye, masa tenang dan pelaksanaan pencoblosan. Semua dilaksanakan bertujuan memberikan pendidikan tentang berdemokrasi, pendidikan pemilu, sekaligus praktik,” imbuh Yosi yang dikenal enerjik, tak pernah lelah makin memajukan sekolah yang dipimpinnya.

Setelah mencoblos, pemilih juga mencelupkan jarinya pada tinta basah, tanda sudah menggunakan hak pilih
“Dengan cara seperti itu anak belajar. Sumber belajar tidak selalu harus dari buku atau guru, tetapi juga bisa didapat dari pengalaman-pengalaman yang ada dalam masyarakat. Dan nantinya ketika anak sudah cukup umur dan punya hak untuk memilih, maka anak tidak canggung lagi dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab,” kata Yosi lagi.

Ketua KPUD Purworejo sendiri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan segenap civitas akademika SMPN 4 Purworejo. Dul Rokhim berterima kasih kepada kepala sekolah yang sudah memberikan pendidikan pemilu kepada para siswanya. “Hal sangat positif apa yang dilakukan SMPN 4 Purworejo, dalam menggelar pilkasis secara langsung, sebagaimana tahapan pemilihan umum sebenarnya. Ini pendidikan demokrasi bagi siswa,” urai Dul Rokhim.

Untk nama-nama kandidat yang ikut berkompetisi dalam pilkasis SMPN 4 Purworejo yaitu Farrel Maulana Rajendra Malik kelas 8a, Keisha Shanie Aurelie kelas  8c dan Kencono kelas 8g. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com