Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 26 Oktober 2017

Cegah Kegaduhan, Jabatan Sekdes Bisa dari Promosi Perangkat


Gunawan
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Seleksi sekretaris desa (sekdes) di beberapa desa di Kabupaten Purworejo, sempat mendapat protes akibat dugaan kecurangan, hingga menimbulkan kegaduhan di desa terkait atau tingkat lebih tinggi. Menanggapi hal ini, ada pandangan dikemukan bahwa ke depannya perlu cara atau solusi lain terkait pengangkatan jabatan Sekde. 

Kepala Desa Sumberrejo Kecamatan Purwodadi, Gunawan bin Sukarjo menegaskan, menghindari kegaduhan sebaiknya menggunakan sistem promosi perangkat desa. "Kalau bisa nggak ada seleksi, tapi menggunakan Permen 67 tentang promosi perangkat ke Sekdes," beber Gunawan kepada media ini, Kamis (26/10/2017). 


Untuk mengisi posisi Sekdes dengan promosi perangkat, salah satunya dilakukan presentasi dalam rangka seleksi rotasi jabatan perangkat desa untuk formasi Sekretaris Desa dengan menggunakan sistem promosi.

Mengacu pada Peraturan Menteri Dalan Negeri 67 tahun 2017, Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemerintah Desa adalah kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa.

Kepala Desa atau sebutan lain adalah pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari pemerintah dan pemerintah daerah.
Perangkat desa adalah unsur staf yang membantu kepala desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam sekretariat desa, dan unsur pendukung tugas kepala desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan. 
 Perangkat Desa diangkat oleh kepala desa dari warga desa yang telah memenuhi persyaratan umum dan khusus. Persyaratan yang bersifat khusus dengan memperhatikan hak asal usul dan nilai sosial budaya masyarakat setempat dan syarat lainnya.(kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com