Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 22 September 2017

Sedekah Laut Jatimalang : Doa Keselamatan dan Kemakmuran Nelayan yang Jadi Daya Tarik Wisatawan

Kades Berharap Keterlibatan Pemkab untuk Menambah Daya Tarik


Sedekah laut, wujud cinta kepada laut (sigit widiyanto/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Menjadi agenda tiap tahunnya khususnya di bulan Sura, masyarakat di sekitar Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo menggelar sedekah laut. Seperti Jumat (22/9/2017) sore, digelar sedekah laut yang diikuti ratusan nelayan, termasuk pengurus kelompok nelayan dan TPI Jatimalang. Kepala Desa Jati Malang Suwarto ikut dalam kegiatan tahunan itu, doa bersama untuk keselamat dan kemakmuran nelayan. 

"Acara ini tiap tahun, setiap bulan Suro. Selain selamatan, ada larung sedekah laut. Berdoa untuk keselamatan dan kesejahteraan nelayan," ungkap Suwarto kepada kabarjateng.co.id di sela kegiatan. 

Pantauan media ini, sedekah laut beruapa buah-buahan, ada juga dua ekor ayam yang dilarung. Menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Pantai Jatimalang, menyaksikan tradisi budaya tersebut. 



Doa bersama keselamatan bagi nelayan (sigit w/kj)
"Harapannya ke depan ada keterlibatan Pemkab, agar acara seperti ini bisa lebih besar seperti digelar arak-arakan. Dulu pernah dibuat besar, itu sangat baik karena makin menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dengan makin banyaknya jumlah kunjungan wisatawan, kan menambah PAD dan juga kesejahteraan bagi masyarakat Jatimalang," urai Suwarto yang baru satu periode menjadi Kades Jatimalang.

Media ini juga menemui Ketua Nelayan Jatimalang, Suyatman, dirinya mengakui ada sekira 100-an anggota nelayan. "Jumlah nelayan termasuk pengurus dan petugas TPI ada 100-an. Acara sedekah laut ini, wujud bakti dan rasa cinta kepada laut yang termasuk sumber kehidupan nelayan. Doa bersama, nelayan mendapat kesejahteraan yang meningkat dan untuk keselamatan," urai Suyatman.  (tim kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com