Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 18 September 2017

Kades Kaligesing Budidayakan Gaharu, Sudah Ada Penawar Rp 3 Miliar


Satoto Sri Margiyuono
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Ada hal menarik dari Kepala Desa Kaligesing Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, H Satoto Sri Margiyuono. Sisi lain selain rutinitas menjalankan tugas sebagai kepala desa, Satoto mampu memanfaatkan peluang dalam bidang agrobisnis. Satoto membudidayakan pohon gaharu, yang kini jumlahnya 114 pohon. 

"Awalnya nanam bibit gaharu sekira 400-an bibit, berjalannya waktu dan sudah disuntik (inokulasi) menjadi 170 dan berkurang lagi saat ini 114 pohon," sebut Satoto ditemui kabarjateng.co.id, Minggu (17/9/2017) sore di kediamannya. 

"Memang perlu takaran yang pas saat melakukan inokulasi, pengaruh juga dengan kondisi cuaca dan faktor lainnya. Namun dari percobaan demi percobaan, kini saya sudah paham benar, teknik dan tarakan dalam melakukan inokulasi," imbuh Satoto yang lahir dan besar di Jakarta.

Salah satu pohon Gaharu milik Satoto
Usia tanaman Gaharu milik Satoto berusaha sekira 14 tahun. "Gaharu bukan masalah usia pohon, memang makin besar atau lama usianya gaharunya bisa lebih banyak. Tapi utamanya bagaimana teknis inokulasi yang tepat, agar membuat tanamannya punya gaharu yang terus menyebar," beber Satoto yang awalnya konsultan Amdal di salah satu perusahaan besar di Jakarta. 

Satoto mengakui, dari 114 pohon Gaharu tersebut, sudah ada pihak yang menawar semuanya seharga Rp 3 miliar. Namun dirinya belum melepas, Satoto ingin melepas dengan harga Rp 5 miliar. 

"Ada penawar Rp 3 miliar, belum dilepas. Jika ditebang semua, saya lepas Rp 5 miliar, tapi jika ada yang ingin membeli dan merawat hingga semisal 2 tahun lagi ya saya  lepas Rp 7,5 miliar. Bisa WA ke nomor 081347420231" jelas Satoto yang juga pengurus Polosoro bagian humas ini. 

Untuk lebih mengenal mengenai Gaharu yaitu sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

Tanaman Gaharu milik Satoto
Gaharu merupakan komoditi elit, langka dan bernilai ekonomi tinggi. Gaharu merupakan produk ekspor. Tujuan ekspor adalah negara-negara di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Singapore, Taiwan, Jepang, Malaysia.

Pohon Gaharu (Aquilaria spp.) adalah species asli Indonesia. Beberapa species gaharu komersial yang sudah mulai dibudidayakan adalah: Aquilaria. malaccensis, A. microcarpa, A. beccariana, A. hirta, A. filaria, dan Gyrinops verstegii. serta A. crassna asal Camboja.

Gaharu merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat di negara-negara Timur Tengah yang digunakan sebagai dupa untuk ritual keagamaan. Masyarakat di Asia Timur juga menggunakannya sebagai hio. Minyak gaharu merupakan bahan baku yang sangat mahal dan terkenal untuk industri kosmetika seperti parfum, sabun, lotions, pembersih muka serta obat-obatan seperti obat hepatitis, liver, antialergi, obat batuk, penenang sakit perut, rhematik, malaria, asma, TBC, kanker, tonikum, dan aroma terapi.
Pengelompokan gaharu:
1) Abu gaharu: Super, kemedangan A, Kacang, kemedangan TGC;
2) Kemedangan A, B, C, TGC , (BC), Kemedangan Putih,Teri Kacang (terapung); dan
3) Gubal gaharu tdr dari: Double Super, Super A, Super B, Kacang, Teri A, Teri B, dan dan Sabah (tenggelam).

Gaharu sangat dibutuhkan di Negara Islam dan Arab, wangi parfum , wanginya tahan lama, aroma terapi menyegarkan tubuh.(tim kj/net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com