Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 21 November 2016

Dari Penggemukan Sapi hingga Produksi Pupuk Organik

Keberhasilan Kelompok Tani Makmur Desa Pringgowijayan Kutoarjo 


Supriyono bersama anggota Tani Makmur
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Selain produksi batako, Kelompok Tani Makmur Desa Pringgowijayan Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, juga sukses dengan penggemukan sapi. 

Saat ini ada sekira 32 ekor sapi. Dari kesanggupan pemeliharaan anggota, ada yang per anggota 1-3 ekor. Ketua Tani Kamur Desa Pringgowijayan, Ir Purwoto, menaruh perhatian besar untuk keberhasilan semua program kelompok taninya, termasuk penggemukan sapi, yang kesemuanya dimanfaatkan seperti kotoran sapi dan air kencingnya, baik untuk pupuk organik padat maupun pupuk organik cair. 



Purwoto menunjukkan pupuk organik cair dan padat
Kepala Desa Pringgowijayan, Supriyono, selalu memberi motivasi bagi warganya untuk dapat produktif. Termasuk bagi kelompok-kelompok tani, Supriyono mendorong terus berkiprah demi kesejahteraan anggota kelompok tani. 

"Saya salut dengan Kelompok Tani Makmur yang dipimpin Pak Purwoto. Salah satu yang menonjol sukses yaitu penggemukan sapi. Anggotanya merasakan kesejahteraan dari usaha tersebut, dan terus berkembang," ujar Supriyono kepada kabarjateng.co.id belum lama ini. 

Salah satu anggota Tani Makmur, Ny Sukendro, mengaku bersyukur menjadi anggota kelompok tani, bisa merasakan dampak kesejahteraan. "Saya juga pelihara sapi. Ya kapan pun butuh artho (uang), ya sapinya dijual," urai Ny Sukendro.

Anggota Tani Makmur pun berharap, suatu waktu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dapat mengunjungi keberadaan Kelompok Tani Makmur di Desa Pringgowijayan, Kutoarjo. Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman sudah berkunjung, termasuk dari Mabes TNI AD. 

Selain dari penjualan sapi, pendapatan Tani Makmur juga dari pupuk organik cair dan padat. Harga saat ini untuk 1 Kg pupuk organik padat seharga Rp 1.000, pun dengan 1 Liter pupuk organik cair dengan harga Rp 1.000. 

"Banyak yang beli, baik itu pupuk organik cair maupun organik padat. Pupuk organik Tani Makmur juga diuji laboratorium di Yogyakarta, hasilnya bagus. Tak kalah dari pupuk kimia, jadi sangat bermanfaat untuk pertanian. Laboratoriumnya yaitu di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta," jelas Purwoto yang merupakan alumni Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. 

"Pupuk organik cair dan padat, selain kami gunakan sendiri untuk pertanian organik di Pringgowijayan dan desa sekitar, juga kami pasarkan. Banyak yang sudah membeli, dari dalam kabupaten dan juga luar kabupaten," tegas Purwoto. (tim kj)

1 komentar:

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com