Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 20 Agustus 2016

Cinta Budaya, Kades Budi Sunaryo Koleksi Berbagai Motif Keris


Kades Budi Sunaryo dan kabarjateng.co.id mengajak melestarikan budaya
KUTOARJO, KABARJATENG.CO.ID-Ada berbagai sisi menarik dan positif dari Kepala Desa Majir, Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Budi Sunaryo AMd. Salah satunya, Bapak tiga anak ini gemar mengoleksi keris yang merupakan senjata khas masyarakat Jawa. Kecintaan Budi dengan mengoleksi keris, bagian dari cinta budaya dan turut melestarikan warisan neneng moyak. Sebagai masyarakat Jawa patut berbangga,
Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya dunia non-bendawi manusia sejak 2005. 


"Saya mengoleksi keris sebagai wujud cinta budaya Jawa, sebagai warisan dari neneng moyang, sudah sepatutnya kita lestarikan," kata Budi kepada kabarjateng.co.id di kediamannya, Sabtu (19/8/2016) malam. 

"Dulu koleksinya banyak sekali, ada ribuan. Banyak pula yang berminat dengan  berbagai koleksi keris saya. Tak jarang pula ada yang datang, menawarkan keris kepada saya, semakin tua atau masak, semakin bagus," beber Budi. 

Budi tak menampik, selain koleksi atau hobi, juga memang diperjualbelikan. Jaringan yang dimiliki Budi luas, belum lagi sebagai publik figure yang memang membuat Budi dikenal di masyarakat luas. 

"Keris dilihat kelasnya. Posisi dan status keris semakin tinggi bila keris berhubungan dengan raja atau kerajaan," terang Budi. 

"Motif (pamor) keris juga mempengaruhi. Silakan saja bagi berminat konsultasi, sama-sama melestarikan budaya Jawa atau ingin menawarkan keris, dapat datang ke rumah saya di Desa Majir, Kutoarjo. Atau bisa menghubungi nomor 081328355678," urai Budi. 

Sebagai bahan informasi,  di Pulau Jawa khususnya pada zamannya, keris merupakan lambang derajat pemiliknya, lebih dari sekadar senjata perang. Ada aturan-aturan yang harus dipatuhi di masyarakat tentang cara mengenakan keris dan jenis-jenis keris yang boleh dimiliki oleh seseorang. Seorang rakyat biasa tidak boleh mengenakan keris yang diperuntukkan seorang lurah. Seorang lurah tidak boleh mengenakan keris yang diperuntukkan seorang bupati. Seorang senopati tidak boleh mengenakan keris yang diperuntukkan raja. Seorang raja juga tidak boleh mengenakan keris yang diperuntukkan untuk senopati.

Bila ada seseorang memiliki keris yang derajatnya lebih tinggi dari kedudukan dirinya di masyarakat, maka orang itu tidak akan menyimpannya untuk dirinya sendiri. Biasanya diserahkan  kepada yang pantas memilikinya. Begitu pula jika memiliki keris yang peruntukkannya untuk kelas derajat yang lebih rendah, biasanya diberikannya kepada yang lebih pantas untuk memilikinya.

Kehormatan pribadi seseorang bukan hanya ditentukan status keningratan atau jabatan, kemewahan atau kekayaan, tetapi terutama juga kepantasannya dalam berperilaku dan berpenampilan, kepantasan dalam mengenakan busana dan pusaka, dan kepantasannya dalam menempatkan diri di dalam pergaulan dan di masyarakat, sesuai derajat masing-masing. (tw/net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com