Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 17 Januari 2016

Mengenal Gemblong, Makanan Khas Orang Jawa

Makanan khas gemblong. (foto: sigit )
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Bagi masyarakat Jawa, tak asing dengan penganan khas gemblong. Sayang, kini makanan khas tradisional ini jarang ditemukan di pasar-pasar tradisional. Bagi orang-orang tua kita di zaman dulu, gemblong menjadi makanan favorit, kue ini bisa saja disangrai atau disangan (bahasa Jawa), digoreng dengan sedikit minyak sehingga dinamakan jaudah. 
 
Penganan ini terbuat dari ketan putih yang direndam selama sehari semalam, kemudian dikukus dicampur parutan kelapa dan garam secukupnya. Setelah matang kemudian dilakukan penumbukan supaya ketan yang telah matang menjadi lunak. Adalah Sundari dari Desa Brondongrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo yang setahun ini menekuni bisnis kue gemblong. 


Ibu muda dengan dua putra ini mempunyai keterampilan membuat gemblong dari sang ibundanya. Menekuni bisnis kuliner khas ini, agar makanan khas Jawa tidak punah, karena ibu-ibu muda seusianya kebanyakan tidak paham bagaimana membuat  gemblong/jaudah. Sundari biasa menerima pesanan untuk berbagai kegiatan, yang berminat bisa menghubungi di nomor 085281893557. 

"Gemblong atau jaudah tidak gampang basi, bisa bertahan 4 hari tanpa harus dipanasi atau dikukus. Di zaman dulu, tiap ada kegiatan pasti makanan  khas ini tersaji di antara sajian lainnya," kata Sundari. (sigit widiyanto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com