Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 09 September 2015

Taman Komik Nusantara-KPM UNJ Peduli Konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu

LAPORAN ENDAH PRIYATI
Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu berpotensi besar untuk pengembangan wisata bahari, mengingat letaknya yang dekat dengan ibu kota negara (Jakarta), sehingga menjadikan kawasan ini mempunyai peluang pengembangan yang baik. Sejalan dengan perkembangan kota-kota besar, maka semakin banyak orang yang menginginkan kembali ke alam. Kegiatan-kegiatan wisata bahari yang dapat dilakukan di dalam kawasan Taman Nasional antara lain menyelam (diving) pada beberapa spot selam (terdapat 26 spot selam), snorkeling, memancing, wisata pendidikan (penanaman mangrove dan rehabilitasi terumbu karang) menikmati keindahan pantai dan lain-lain.


Panorama laut di wilayah ini menjadi daya tarik alamiah bagi wisatawan. Panorama seperti pada saat matahari terbit dan matahari terbenam menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa pulau di dalam kawasan Taman Nasional telah dikembangkan menjadi resort-resort wisata, dengan sarana pariwisata antara lain dengan dibangunnya dermaga, anjungan pengunjung, restoran dan pondok-pondok penginapan oleh pihak swasta. Jumlah pulau yang wilayah perairannya berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu berjumlah 76 buah dimana dari jumlah tersebut tercatat 20 buah yang telah dikembangkan sebagai pulau wisata.


Dinamika kehidupan masyarakat setempat sebagai masyarakat bahari sesungguhnya dapat menjadi daya tarik wisata. Kegiatan masyarakat sebagai nelayan dapat menjadi daya tarik tersendiri, khususnya di pulau-pulau permukiman. Berbagai jenis ikan dan hasil laut bisa menjadi komoditi yang memiliki nilai jual untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Sementara itu, alat perlengkapan penangkapan ikan dapat diperkenalkan kepada para pendatang/wisatawan, seperti karamba jaring apung, alat pancing serta perahu. Perkembangan jumlah wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu dari tahun ke tahun cenderung meningkat.


Pada 5 sampai 6 September 2015, Taman Komik Nusantara yang diketuai oleh Endah Priyati bekerjasama dengan KPM (Kelompok Peneliti Muda) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan gerakan peduli konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Fokus kepedulian ini terutama pada kampanye konservasi terumbu karang dan perlindungan mangrove melalui media komik yang diarahkan dengan kegiatan mengedukasi para generasi mudanya sekitar Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Bira dan Pulau Kayu Angin.

Konservasi dan pengelolaan terumbu karang secara lestari sangat penting untuk dikembangkan. Ekosistem terumbu karang yang sangat produktif dapat mendukung kehidupan nelayan setempat. Jika habitat terumbu karang dapat berfungsi secara optimal, maka produksi ikan-ikan karang akan dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan dan akan memberikan keuntungan secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat, untuk masa kini dan masa yang akan datang. Konservasi dan pengelolaan terumbu karang haruslah secara menyeluruh baik ekosistem terumbu karang itu sendiri maupun sumberdaya ikan yang berasosiasi dengan terumbu karang, serta melibatkan masyarakat pengguna dengan memperbaiki terumbu karang yang telah rusak melaui pembuatan terumbu karang buatan. Selain itu mencari alternatif pemanfaatan sumberdaya ikan-ikan karang melalui paket teknologi alat tangkap yang ramah lingkungan serta pengalihan usaha ke budidaya laut, yang layak dan memberikan prosfek yang cerah untuk meningkatkan pendapatan khususnya nelayan setempat.


Namun sayang pada kenyataannya, terumbu karang telah dimanfaatkan oleh manusia secara optimal tanpa kendali, antara lain usaha penangkapan ikan karang baik sebagai ikan hias maupun sebagai konsumsi secara besar-besaran yang menggunakan racun "potassium cyanida", pengambilan karang untuk bahan bangunan dan tidak kalah pesatnya pemanfaatan daerah terumbu karang sebagai taman laut dijadikan objek wisata bahari. Terumbu karang sebagai sumberdaya dieksploitasi sebagai bahan bangunan, bahan baku industri pupuk dan farmasi tanpa memperhatikan prinsip-prinsip ekologi. Padahal terumbu karang berfungsi sebagai daerah perlindungan, tempat berkembang biak, mencari makan bagi berbagai jenis biota laut, mempunyai kestabilan, aneka-ragam spesies dan ekosistem beradaptasi secara baik.

Adanya kerusakan terumbu karang akan mengakibatkan pula perubahan keragaman organisme penghuni terumbu karang. Di perairan terumbu karang terdapat indikasi adanya hubungan antara keragaman spesies ikan dengan kompleksitas populasi karang. Daerah yang mempunyai keragaman spesies karang yang lebih banyak akan lebih bervariasi populasi ikannya. Makin kompleks populasi karang akan memberikan pula relung ekologi yang lebih banyak bagi ikan-ikan karang. 
Mengingat terumbu karang mempunyai arti penting baik ditinjau dari segi ekologi sebagai penyangga kehidupan maupun segi potensi ekonomi berupa usaha perikanan, industri dan pariwisata, maka perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya dengan meningkatkan upaya konservasi. Upaya konservasi yang paling efektif ialah mengedukasi perilaku manusia dengan cara sosialisasi dan kampanye konservasi secara terus-menerus agar mereka memiliki kesadaran penuh untuk menjaga kelestarian Taman Nasional Kepulauan Seribu. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com