Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 26 Mei 2024

Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Purworejo Dilantik

Diharapkan Kawal Demokrasi hingga Terwujud Pilkada Berkualitas

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri pelantikan sekaligus pengambilan sumpah/janji 48 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan untuk 16 wilayah Kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jumat (24/5/2024) di Pendopo Bupati Purworejo. Bupati selain menyampaikan ucapan selamat kepada semua anggota Panwascam yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya, juga mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo yang telah berhasil membentuk Panwascam serta kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pelaksanaan acara ini. 

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, saya ucapkan selamat kepada anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, yang hari ini dilantik dan diambil sumpah/janjinya,” ungkapnya. 

Bupati juga menegaskan bahwa salah satu aspek penting bagi legitimasi dalam Pemilihan Serentak 2024 adalah terselenggaranya pengawasan yang baik, baik dari lembaga pengawasan resmi, maupun pengawasan independen yang dibentuk oleh masyarakat. “Seperti kita ketahui bersama, pada tanggal 27 November 2024 mendatang kita akan kembali menggelar pemilihan serentak untuk memilih Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota maupun Gubernur/Wakil Gubernur. Karenanya Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan sebagai bagian dari lembaga resmi pengawasan, benar-benar diuji untuk mengawal pelaksanaan demokrasi demi terciptanya Pemilihan Serentak 2024 yang berkualitas dan bermartabat,” jelasnya. 

Selain itu, sebagai lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat maupun partai politik, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan merupakan salah satu bagian penting dalam penanganan terjadinya pelanggaran. “Tugas Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan tidak bisa dianggap sebelah mata bahkan sarat dengan nilai-nilai patriotik, karena hasil pemilihan akan sangat menentukan masa depan kita lima tahun ke depan,” terangnya. 

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Purnomosidi menjelaskan, semua anggota Panwaslu Kecamatan harus memiliki skill kemampuan memahami aturan, baik undang-undang, peraturan Bawaslu, peraturan KPU dan aturan lainnya. Hal ini untuk mewujudkan Pilkada yang berkepastian hukum, di mana semua jajaran pengawas pemilihan sudah menjalankan tugas sesuai dengan regulasi. 

"Gesekan politik Pilkada sangat dekat dengan masyarakat sehingga harus diantisipasi agar tidak ada konflik horizontal yang dapat memecah belah persatuan," katanya 

Terakhir, Bupati Purworejo juga berpesan, kepada seluruh jajaran Panwas baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan, untuk mempelajari dan memahami peraturan-peraturan yang digunakan sebagai pedoman dalam tugas. 

“Panwascam merupakan ujung tombak pengawasan penyelenggaraan pemilihan pada tingkat kecamatan yang diharapkan tetap berpedoman pada ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Semoga Saudara mampu mengemban tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya, agar terwujud pesta demokrasi yang berkualitas,” pesannya. (*/kj)

 Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com