Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 22 Desember 2023

Pemkab Purworejo Raih Penghargaan Pemetaan Daya Saing Daerah 2023

Mendukung Visi Indonesia Emas 2045

SEMARANG, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Purworejo meraih penghargaan Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023, dengan kategori nilai Tinggi. Piagam penghargaan diserahkan Asisten Administrasi Setda Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo SE MSi kepada Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Kamis (21/12/2023). 

Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo saat membacakan sambutan Pj Gubernur Jawa Tengah berharap, forum ini nantinya dapat menjadi wadah diskusi untuk mendorong daya saing daerah dan kerjasama antarwilayah di Jawa Tengah. ”Pembangunan perwilayahan merupakan salah satu fokus dalam pembangunan nasional pada RPJPN. Hal tersebut bertujuan menciptakan distribusi pembangunan lebih merata ke seluruh wilayah serta mengurangi disparitas ekonomi,” ungkapnya. 

Menurutnya, dalam rangka mendukung Visi Indonesia Emas 2045, Jateng saat ini sedang menggagas pembangunan wilayah dalam Raperda RTRW 2023-2043. ”Artinya kabupaten/kota juga harus bekerja sama secara optimal di setiap sektor strategis, sesuai peran posisi kapasitas dan juga potensi komoditas daerah, di dalam meningkatkan skala ekonomi dan pelayanan publik Jawa Tengah dengan konsep perwilayahan.” katanya. 

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyampaikan rasa syukurnya karena Purworejo meraih penghargaan PDSD. Raihan penghargaan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menumbuhkembangkan sistem inovasi daerah dan kesiapan teknologi. Menurutnya, peningkatan daya saing di Kabupaten Purworejo dapat terlaksana berkat dukungan berbagai sektor dalam penciptaan inovasi, sehingga dapat bersaing dengan kabupaten lainnya di Indonesia. 

"Tercatat Kabupaten Purworejo mengalami peningkatan indeks daya saing daerah. Dari semula 3,016 pada tahun 2022, naik menjadi sebesar 3,679 pada tahun 2023. Harapannya ke depan dapat terus ditingkatkan, sehingga Purworejo punya daya saing lebih terhadap wilayah di sekitarnya," katanya. 

Kepala Bappedalitbang Purworejo Dr Sukmo Widi Harwanto SH MM yang turut hadir mendampingi bupati menjelaskan, Pemkab Purworejo berkomitmen terus mengembangkan ekosistem inovasi di daerah. Hal itu ditunjukkan dengan ditetapkannya Perda Inovasi Daerah Nomor 7 Tahun 2020. Dalam rangka memperkuat daya dukung, lanjut Sukmo, kapasitas dan peningkatan daya saing daerah dibutuhkan kreativitas dan inovasi, baik yang berasal dari pemda, lembaga, perguruan tinggi, dan dari masyarakat secara luas. 

"Untuk memacu perangkat daerah dan masyarakat agar terus menghadirkan inovasi, kita telah melakukan berbagai upaya. Diantaranya adalah kompetisi inovasi bagi masyarakat maupun perangkat daerah," papar Sukmo. (*/kj)

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com