Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 25 Desember 2023

Air untuk Kehidupan

oleh : Agit Purnomo Yulianto - Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan AKATIRTA, Kota Magelang

AGIT PURNOMO YULIANTO

MAGELANG, KABARJATENG.CO.ID - Air adalah unsur esensial yang menjadi pondasi bagi kehidupan di Bumi. Kehidupan, sebagaimana kita kenal, tidak dapat berjalan tanpa ketersediaan air yang memadai. Mulai dari kehidupan mikroorganisme hingga kehidupan manusia, air memiliki peran sentral dalam menjaga keberlangsungan berbagai ekosistem.

Di sektor pertanian, air adalah penentu utama produktivitas tanaman. Irigasi yang didukung oleh sumber air yang cukup memberikan kontribusi signifikan terhadap ketahanan pangan global. Tanpa air, produksi pangan akan terancam, mengakibatkan kelaparan dan kerawanan pangan.

Selain itu, air juga berperan dalam menjaga kesehatan manusia. Akses terhadap air bersih dan sanitasi yang baik adalah faktor kunci dalam pencegahan penyebaran penyakit. Masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap air bersih rentan terhadap penyakit air-borne dan kondisi kesehatan yang buruk. Ketersediaan air yang cukup dan berkualitas sangat penting tidak hanya untuk manusia saja,tetapi juga berdampak baik untuk keberlanjutan kehidupan hewan dan tumbuhan.

Aspek ekologis juga sangat dipengaruhi oleh keberadaan air. Sumber air yang bersih mendukung keanekaragaman hayati dan mempertahankan keseimbangan ekosistem. Namun, polusi air dan perubahan iklim dapat merusak ekosistem air, mengancam kelangsungan spesies-spesies yang bergantung pada lingkungan air

.

Pemanfaatan air untuk kebutuhan industri juga menjadi pertimbangan penting. Proses produksi, termasuk pembangkit listrik, seringkali memerlukan jumlah air yang substansial. Oleh karena itu, perlu ditemukan solusi berkelanjutan untuk meminimalkan dampak negatif pemanfaatan air dalam aktivitas industri.

Dalam konteks perubahan iklim global, siklus air menjadi semakin tidak terduga dengan perubahan pola curah hujan dan fenomena cuaca ekstrem. Ini mengakibatkan tantangan baru dalam manajemen sumber daya air dan penyesuaian terhadap perubahan lingkungan.

Upaya konservasi air juga mendapatkan perhatian yang semakin besar. Pengelolaan air yang efisien dan kesadaran akan pentingnya konservasi menjadi kunci dalam menjaga keberlangsungan sumber daya air di tengah pertumbuhan populasi dan urbanisasi yang cepat.

Saat ini, konflik terkait sumber daya air semakin muncul, baik di tingkat lokal maupun internasional. Keberlanjutan pengelolaan air menjadi krusial untuk mencegah konflik yang dapat timbul akibat persaingan atas akses terhadap sumber daya air.

Penting untuk mencatat bahwa ketidaksetaraan akses terhadap air masih menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Beberapa komunitas masih harus menghadapi tantangan untuk mendapatkan akses terhadap air bersih, sementara yang lain bersentuhan dengan masalah berlebihnya penggunaan air dalam gaya hidup konsumtif.

Teknologi dan inovasi berperan penting dalam mengatasi tantangan terkait air. Pengembangan teknologi pengolahan air bersih, desalinasi, dan metode irigasi yang efisien menjadi bagian dari solusi dalam memenuhi kebutuhan air yang terus meningkat.

Masyarakat perlu diberdayakan untuk berperan aktif dalam pelestarian sumber daya air. Pendidikan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas air serta mengurangi limbah menjadi langkah kritis dalam menciptakan masyarakat yang berkelanjutan. Pengelolaan air yang bijaksana, termasuk praktik-praktik efisiensi dalam penggunaan air, perlu menjadi prioritas dalam upaya menjaga ketersediaan air.

Pada akhirnya, air bukan hanya tentang kebutuhan dasar, tetapi juga tentang keterhubungan antara manusia dan lingkungan. Dengan memperlakukan air sebagai aset berharga yang perlu dijaga, kita dapat menciptakan masa depan dan dapat memastikan warisan air  yang berkelanjutan dan seimbang bagi seluruh makhluk hidup di planet ini.(*)

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com