Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 02 September 2023

dr Enny Irawati Jabat Direktur RS Panti Waluyo Purworejo Periode 2023 - 2025

RS Panti Waluyo Fokus Jalankan Berbagai Program

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID  - Dokter Enny Irawati MM resmi ditetapkan sebagai Direktur Rumah Sakit Panti Waluyo Purworejo, Jawa Tengah, periode 2023 - 2025 menggantikan dr Veny Pungus SpKJ yang telah habis masa jabatannya. Penetapan itu berlangsung dalam acara peneguhan, pengukuhan dan pelantikan Direktur RS Panti Waluyo Purworejo, di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purworejo pada Kamis (31/8/2023). 

Prosesi peneguhan dan pengukuhan dipimpin langsung Pendeta GKJ Purworejo Pdt Lukas Eko Sukoco MTh PC. Sementara prosesi pelantikan dalam rangkaian upacara organisasi dipimpin Ketua Pengurus Yakkum, Pdt Simon Julianto STh. Hadir dalam penetapan itu, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, jajaran Forkopimda, para direktur RS se-Kabupaten Purworejo dan direktur RS di bawah Yakkum. 

Ketua panitia peneguhan, pengukuhan dan pelantikan, Nur Edi Cahyono SE MSi, mengayakan, kegiatan itu dilakukan untuk menindaklanjuti berakhirnya masa jabatan dr Veny Pungus SpKJ. Sedangkan direktur yang baru, dr Enny Irawati, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Instalasi Rawat Inap RS Panti Wilasa dr Cipto Semarang. 

"Masa jabatan direktur sebelumnya sudah habis dan untuk penentuan direktur baru dilakukan langsung oleh pengurus Yakkum sebagai yayasan yang membawahi RS Panti Waluyo Purworejo," katanya saat dikonfirmasi di sela kegiatan. 

Disampaikan, RS Panti Waluyo Purworejo saat ini tengah berfokus menjalankan sejumlah program, salah satunya yakni pembenahan sarana dan prasarana (sarpras). Tidak hanya infrastruktur, pembenahan juga difokuskan pada bidang Sistem Informasi Manajemen (SIM). Adanya kepemimpinan baru ini diharapkan memotivasi seluruh civitas hospitality untuk mengakselerasi kinerja dan program yang telah dicanangkan. 

"SIM sudah kita benahi dan ini kita sedang proses untuk Elektronik Rekam Medis atau e-RM yang mungkin akan menjadi pertama di Purworejo," ungkapnya. 

Direktur RS Panti Waluyo Purworejo yang baru, dr Enny Irawati mengatakan, banyak pelajaran berharga yang didapat dari unit Yakkum selama lebih kurang 17 tahun bertugas di Semarang. Menurutnya, visi dan misi Yakkum sudah sesuai firman Tuhan sehingga pihaknya meyakini dapat menjalankan tugas dengan baik sebagai direktur di RS Panti Waluyo. 

"Kami berharap keberadaan RS Panti Waluyo Purworejo ini dapat memberikan kontribusi dalam memajukan pelayanan kesehatan di Kabupaten Purworejo, kami berharap ke depan kami juga dapat meningkatkan pelayanan, menambah variasi pelayanan, menambah dokter- dokter spesialis. Kami berharap bahwa apa yang kami lakukan ke depannya, selain kami mau mengembangkan diri, kami juga akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Purworejo dengan mengutamakan mutu, pasien dan kepuasan dari pelanggan," katanya. 

Pihaknya juga menyatakan siap meneruskan hal-hal baik yang sudah dirintis sebelumnya sekaligus membenahi kekurangannya. "Mohon kami disupport, kami juga menerima saran dan kritik demi kemajuan RS Panti Waluyo Purworejo. Semoga dapat memberikan kontribusi dan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan mengutamakan mutu dan keselamatan," tandasnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada direktur terlantik dan berharap dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya. Kepada direktur lama, pihaknya berterima kasih atas dedikasi dan kerja sama yang sinergis dengan pemerintah kabupaten. Menurutnya, keberadaan institusi kesehatan seperti rumah sakit dan poliklinik, memegang peranan penting dalam mendukung terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Institusi kesehatan dituntut untuk dapat melayani masyarakat, dapat berkembang dan mandiri serta harus mampu bersaing dan memberikan pelayanan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat. 

Pemerintah daerah memang telah memiliki berbagai institusi kesehatan mulai dari RSUD, Puskesmas, Puskesmas Pembantu maupun Poliklinik Desa. Namun demikian, dengan berbagai keterbatasan yang ada, institusi pelayanan kesehatan milik pemerintah itu, belum bisa melayani seluruh lapisan masyarakat secara optimal. 

"Oleh karenanya, keberadaan institusi kesehatan yang dikelola swasta, sangat penting dan strategis dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terlebih dengan adanya bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, tentunya ke depan membutuhkan infrastruktur pendukung yang memadai termasuk dalam hal pelayanan kesehatan. Sehingga Rumah Sakit Panti Waluyo sudah harus memproyeksikan diri bukan lagi sebagai rumah sakit berkelas lokal dan regional, tetapi harus menuju rumah sakit bertaraf internasional," katanya. 

Disampaikan bahwa biaya operasional rumah sakit memang sangat besar, sehingga wajar apabila biaya pelayanan kesehatan di rumah sakit swasta juga relatif lebih mahal. Biaya yang dibebankan kepada masyarakat pengguna jasa pelayanan kesehatan itu, memang dibutuhkan agar rumah sakit swasta dapat membiayai biaya operasional, sehingga bisa terus eksis dan berkembang. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com