Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 16 Agustus 2023

Pejabat dan Kepala OPD Ikuti Lomba Pidato Bahasa Jawa

Pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI, Pemerintah Kabupaten Purworejo mengadakan Lomba Pidato Bahasa Jawa bagi pejabat dan kepala perangkat daerah. Seluruh peserta dalam lomba yang diselenggarakan di ruang Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo Selasa (15/8/2023) tersebut, mengenakan pakaian adat Jawa. 

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengatakan kebudayaan Jawa terkesan semakin ditinggalkan oleh masyarakat Jawa. Salah satu penyebabnya adalah perubahan zaman yang sangat cepat. 

"Banyak orang Jawa yang tidak bisa berbahasa Jawa dengan baik, termasuk pejabat pemerintahan," katanya dalam Bahasa Jawa. 

Hal ini menurut Wabup sangatlah memprihatinkan, karena budaya Jawa bahkan sudah ditinggalkan oleh masyarakat Jawa sendiri. "Padahal justru banyak orang asing yang ingin mempelajari budaya Jawa, karena berbeda dengan suku lain," ucapnya. 

Disampaikan Wabup, dalam budaya Jawa, diajarkan tata cara bertutur kata yang sopan kepada orang yang lebih tua, anak muda, atau kepada orang lain. Budaya Jawa juga memiliki tarian, nyanyian, dan permainan tradisional yang bagus. 

"Saya harap kita semua dapat melestarikan budaya Jawa, termasuk bahasa Jawa, agar tidak hilang dan dapat diwariskan kepada generasi mendatang," harapnya. 

Kepala Dinpusip selaku penyelenggara Dra Eny Sudiyati MM mengatakan tujuan diadakan lomba pidato bahasa Jawa adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di lingkungan pejabat Pemkab Purworejo. Ada 55 peserta dan 3 tema yaitu, Tresno Dumateng Bumi Pertiwi Indonesia, Gemah Ripah Loh Jinawi Indonesia dan Tepo Seliro lan Gotong Royong. 

"Tujuan utama adalah untuk meningkatkan SDM di lingkungan kerja Pemkab Purworejo, sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-78 RI. Harapannya dari kegiatan ini kita semua dapat melestarikan budaya bangsa Indonesia, khususnya budaya Jawa," jelasnya. 

Dimintai pendapatnya, Rita Purnama SSTP MM selaku Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM yang juga sebagai peserta lomba mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan lomba pidato bahasa Jawa di lingkungan Pemkab Purworejo. 

"Kami sangat mengapresiasi, kegiatan ini diinisiasi langsung oleh Pak Bupati, agar semua pimpinan bisa berbicara atau sambutan dengan bahasa Jawa. Dan ternyata teman-teman OPD antusias," katanya.. Sementara itu Direktur RS RAA Tjokronegoro dr Dony Prihartanto MPH mengatakan kegiatan tersebut mengingatkan akan pentingnya bahasa Jawa. Selain itu, sebagai ajang silaturahmi bagi pimpinan OPD di Kabupaten Purworejo. (kj)

Sumber: Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com