Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 28 Juli 2023

Wabup Purworejo Serahkan Tokoh Wayang Srikandi

Acara Merti Jaladri Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bangsa yang besar harus menghargai dan menjunjung tinggi seni budaya sendiri. karena kebesaran dan kemajuan bangsa ini tidak terlepas dari kekayaan dan kemajemukan budaya yang telah hidup dan berkembang sejak lama. Demikian seni tradisional wayang kulit, yang terus berkembang dan tumbuh sebagai kekayaan seni budaya tradisional. Yang mempunyai fungsi sebagai tontonan dan tuntunan, serta media untuk menyampaikan berbagai informasi. Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat hadir pada acara pagelaran wayang kulit dalam rangka merti jaladri, di TPI kompleks wisata pantai Dewa Ruci Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi Kamis malam (27/7/2023). 

Turut hadir Kepala DLHP Wiyoto Harjono ST, Ketua HNSI Purworejo H Mukadis serta Kades Jatimalang Suwarto Ssos. Wabup menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakan kegiatan merti jaladri dengan pagelaran wayang kulit. 

"Atas nama Pemerintah Daerah, saya menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini, sebagai salah satu ungkapan syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu, saya berharap agar kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan yang semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya, sehingga mampu menjadi salah satu objek daya tarik wisata andalan," kata Wabup. 

Dikatakan,  kegiatan merti desa, merti jaladri, sedekah laut, sedekah bumi atau kegiatan sejenis, pada hakekatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan-Nya. Karunia tersebut bisa berupa apa saja seperti rezeki, keselamatan atau juga keselarasan dan ketentraman. 

"Saya menyampaikan dukungan sekaligus penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh warga masyarakat Desa Jatimalang, yang masih setia memelihara tradisi yang adiluhung ini. Kegiatan seperti ini juga merupakan sebuah wadah dimana para penduduk bisa membina tali silaturahmi, saling menghormati, serta saling tepa selira." ujarnya. 

Salah satu warga Pujo yang menyaksikan pagelaran wayang kulit mengungkapkan dengan adanya acara tersebut merasa sangat terhibur. "Saya sangat senang, tanpa ada acara merti jaladri mungkin tidak bisa menonton wayang secara langsung. Harapannya setiap tahun atau setiap bulan Suro akan terus diadakan acara seperti ini." ungkapnya. 

Pagelaran wayang kulit ditandai penyerahan tokoh wayang Srikandi oleh Wabup kepada Ki Dalang Geter Pamuji Widodo. Sebelumnya, pada sore hari diadakan larungan sedekah laut. (*/kj) 

Sumber : Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com