Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 18 Juli 2023

Giat Budaya Suroan Dukuh Sorogenenlor Desa Kalijambe Kecamatan Bener - Purworejo

Dihadiri Wakil Bupati, Bisa Menjadi Daya Tarik Wisata

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID  - Dukuh Sorogenenlor Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo menggelar giat budaya Suroan, Selasa (18/7/2023). Kegiatan dimulai dengan penyerahan kendi berisi air dari tujuh sumber air Purworejo dan wayang Betoro Kolo dari Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH kepada panitia Festival Bogowonto dan dalang. 

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MAP, Camat Bener beserta Forkopimcam, tokoh masyarakat dan sejumlah tamu undangan. Wabup menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Persaudaraan Keluarga Besar Purworejo (PKBP) bersama Komunitas Waliprojo (Wadah Orang-orang Peduli Purworejo), yang telah mengadakan Giat Budaya Suroan 2023 di Dukuh Sorogenenlor Desa Kalijambe. 

Dikatakan, Indonesia merupakan bangsa majemuk yang memiliki berbagai macam bahasa, budaya, suku, tradisi dan kebudayaan khas yang dimiliki oleh setiap daerah dan sampai saat ini masih tetap dilestarikan dan dihormati. Suku Jawa contohnya, merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia dihitung dari populasinya. Tradisi Jawa yang terkenal salah satunya adalah Suroan atau Suran, yang merupakan perayaan menyambut bulan pertama dalam penanggalan Jawa. Dalam kalender Hijriyah, 1 Suro disebut dengan 1 Muharram yang merupakan Tahun Baru Islam. 

"Momentum ini memiliki arti ganda bagi masyarakat Jawa yang beragama Islam. Suroan atau Suran memiliki beberapa fungsi yaitu untuk memuji keagungan Tuhan, disertai memohon petunjuk dan perlindungan demi keselamatan untuk melewati tahun yang baru," kata Yuli Hastuti. 

Dalam momentum pergantian tahun, lanjutnya, yang terpenting adalah bagaimana melakukan introspeksi atau mawas diri atas apa yang telah kita lakukan selama setahun yang lampau, agar bisa menjadi pijakan dalam melangkah lebih baik di tahun mendatang. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan di tahun-tahun mendatang, sekaligus agar dapat menjadi salah satu daya tarik wisata budaya di Kabupaten Purworejo," imbuhnya. 

Ketua panitia giat budaya Suroan Heri menjelaskan alasan giat budaya diberi tema "Gelaring Surasa ing Rasa Belik Gondang Sura". Hal itu karena di bawah lokasi terdapat belik yang masih sangat alami dan mempunyai potensi wisata. Ke depan diharapkan potensi ini dapat dikembangkan menjadi wisata religi. 

"Barangkali di kemudian hari bisa dijadikan wisata famili atau religi. Harapannya ke depannya kegiahan ini menjadi kegiatan tahunan. Kami hanya mengawali harapannya warga dapat melanjutkan bersama untuk mengolah potensi wilayah setempat," ujarnya. 

Dijelaskan Heri, kegiatan yang dilaksanakan adalah pentas seni kuda lumping, kirab budaya dan gelar pusaka, serta pentas wayang kulit oleh dalang Ki Barjo dengan lakon Murwoko. (*/kj)

Sumber Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com