Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 25 Maret 2023

Koperasi Produsen Karnika Mandiri Sejahtera Dapat Fasilitas Program Inkubasi Pemprov Jateng

Program Inkubasi Diikuti 149 Penderas Gula Kepala di Kecamatan Bagelen-Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID  - Sebanyak 149 petani penderes gula kelapa dari tiga desa di Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, yakni Desa Hargorojo, Sokoagung dan Clapar, mengikuti program inkubasi Koperasi Produsen Karnika Mandiri Sejahtera yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jawa Tengah melalui Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) di pendopo rumah milik Fran Suharmaji di Desa Clapar Kecamatan Bagelen, pada Senin 20 Maret 2023. 

Program inkubasi itu akan dilaksanakan selama 9 bulan di tahun 2023 ini, yakni sejak Februari hingga Oktober 2023 mendatang. Kegiatan inkubasi kali ini, dilaksanakan sehari dibarengkan dengan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopererasi Produsen Karnika Mandiri Sejahtera. Sejumlah materi dari narasumber menjadi pengisi kegiatan program inkubasi itu, yakni materi tentang penguatan perkoperasian dan pembukuan keuangan sederhana yang disampaikan oleh penyuluh koperasi pada DinKUKMP Kabupaten Purworejo, Salam Whiwi Prasetyawan SPd MPd, pengenalan manajemen risiko oleh Dosen UMP, Dr Dwi Irawati SE MSi CRMP, Dokumen Administrasi Penjualan dan Pembelian oleh Dosen UMP, Dyah Panuntun Utami SP MS  dan manajemen Kewirausahaan untuk Memotivasi Kelompok oleh Dosen UMP, Fitri Rahmawati SE MM. 

Penyuluh koperasi pada DinKUKMP Kabupaten Purworejo, Salam Whiwi Prasetyawan SPd MPd, mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan pengembangan wirausaha koperasi/inkubator koperasi pada tahun anggaran 2023 dengan melibatkan inkubator dari perguruan tinggi sebagai wadah pengembangan bisnis koperasi selaku tenant. Untuk Kabupaten Purworejo, koperasi yang mendapatkan fasilitas Program Pengembangan Wirausaha Koperasi/Wira Koperasi oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah selama 9 bulan pada Tahun Anggaran 2023 itu adalah Koperasi Produsen Karnika Mandiri Sejahtera, yakni koperasi yang inten bergerak dalam memproduksi gula kelapa di wilayah Kecamatan Bagelen. Adapun lembaga inkubator yang digandeng Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah adalah Universitas Muhammadiyah Purworejo. 

"Program inkubasi ini nantinya bertujuan meningkatkan kualitas UKM anggota koperasi pada aspek kelembagaan, keuangan maupun usaha melalui kerjasama dengan lembaga inkubator dari Perguruan Tinggi," katanya, saat ditemui di sela kegiatan. 

Tidak hanya itu, dengan adanya program Inkubator Koperasi ini diharapkan mampu menjadi pendorong para UKM anggota koperasi untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitasnya sebagai badan usaha yang mandiri dan kuat sehingga kesejahteraan anggota dan pelaku UKM akan terwujud. 

"Kegiatannya adalah pendampingan sampai koperasi itu mandiri syukur nanti bisa mengekspor produk-produknya seperti gula semut dan buah markisa. Kegiatan ini dilaksanakan sampai akhir tahun, bulan Oktober, outputnya harapannya makin maju, makin mandiri, makin berkembang dan makin sejahtera," jelasnya. 

Dipilihnya koperasi itu hingga bisa mendapat fasilitas Program Pengembangan Wirausaha Koperasi/Wira Koperasi oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, karena koperasi itu memiliki semangat yang tinggi dalam mengurus anggota dan keinginan untuk maju baik dari anggota, dari pengurusnya dan pengawasnya. 

"Koperasi ini anggotanya adalah para petani deres, pendampingan koperasi itu kan kontinue, sehingga menghasilkan produk yang sebelumnya menjual gula kelapa biasa dijadikan gula semut dengan harga yang lebih tinggi, jadi koperasi itu pendampingan anggotanya bagus," ujarnya. 

Selama 9 bulan, program inkubasi itu diisi dengan kegiatan pembinaan kelembagaan, pembinaan produksi berkualitas, syarat ekspor, penggunaan kemasan yang menarik sampai pemasaran, sehingga ada perusahaan yang menerima. 

"Harapannya bisa mandiri menjadi koperasi modern, omzetnya naik anggotanya sejahtera. Intinya menjadi koperasi yang sejahtera. Bantuan ini bukan bantuan fisik tapi secara bimtek dan pembinaan atau penguatan koperasi. Nantinya juga ada kegiatan magang di koperasi yang sudah sukses ekspor di bulan akhir kegiatan yakni magang di Cilongok Banyumas," terangnya. 

Ketua Koperasi Produsen Karnika Mandiri Sejahtera, Ika Irawati, menyebut anggota koperasi itu adalah para produsen gula kelapa yang tingga di tiga desa di Kecamatan Bagelen, yakni Desa Hargorojo, Sokoagung dan Clapar, yang mana merekà langsung menjual gula kelapanya melalui koperasi atau melalui wadahnya koperasi. 

"Koperasi ini berdiri sejak 21 Desember 2021, dan ini baru kali pertama kita menggelar RAT. Untuk anggota ada 149 orang. Harapan ke depan untuk kami yang dipercayakan sebagai pengurus ya harapanya pingin anggotanya itu teredukasi, terdidik, bisa berpartisipasi akrif di koperasi dan bisa mewujudkan kesejahteraan secara bersama- sama," katanya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com