Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 25 Desember 2022

Rumah Natal Cinta

oleh : Yudi Latif PhD 

SAUDARAKU, selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Bagi yang merayakan, setiap momen ini tiba, ada tarikan kerinduan untuk pulang ke “rumah” (home). Itu bukan kecengengan sentimentil, melainkan panggilan eksistensial. Makhluk hidup mengidap sejenis penyakit yang tak bisa disembuhkan, kecuali bisa kembali ke “rumah” asal atau menemukan rumah baru, tempat harapan masa depan bisa menetas dan berkembang. 

Setelah mengembara ribuan mil, kura-kura dan burung pulang ke tempat asal kelahiran untuk bertelur atau menjalin perkawinan. Dengan kapasitas otak lebih mumpuni, pengertian pulang ke rumah bagi manusia tak mesti kembali ke asal yang sama di muka bumi. Rumah bisa tempat di mana pun yang terbayang dan terasakan sebagai wahana manusia menemukan kasih sayang, kesejatian, kenyamanan, perlindungan dan kerinduan. 

Demikianlah, Natal dan tahun baru adalah ritus peralihan sebagai bantalan kelahiran kembali dengan menarik manusia ke “titik keberangkatan dan kepulangan”, tempat memulihkan keriangan, cinta kasih, semangat berbagi dan persatuan keluarga. Kebahagiaan hidup bersama dimulai dengan menyalakan cahaya cinta. Memulihkan cahaya cinta memancarkan keindahan dalam diri. Jika ada keindahan dalam diri, ada harmoni dalam rumah. Jika ada harmoni dalam rumah, ada ketertiban dalam kehidupan bangsa. Jika ada ketertiban dalam bangsa, ada kedamaian di dunia. 

Sebaik-baik rumah, seperti diingatkan dalam Bible, ialah rumah yang dibangun dengan kebijaksanaan, ditegakkan dengan pengertian, yang setiap kamarnya diisi pengetahuan dengan segala kekayaan keriangan dan kemuliaan. Rumah kebajikan yang pintunya senantiasa terbuka penuh cinta bagi yang lain. 

Sebaik-baik Natal adalah Natal yang semangatnya diperlebar. Natal tidaklah jadi natal tanpa suatu hadiah. Dan tiada hadiah yang lebih berharga daripada cinta. Ia adalah obat bagi yang sakit, lilin bagi kegelapan, semen bagi retakan dan asa bagi kebuntuan. Saat langit mendung dikepung awan curiga, tenunan sosial robek dicincang belati kebencian, kesenjangan meluas dipacu keserakahan, semangat kelahiran dan kehangatan Natal seyogianya tak sekadar ritual musiman bagi sesama penganut, melainkan merembesi setiap relung ruang dan waktu. Setiap hari adalah natal, setiap ruang adalah rumah kasih. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com