Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 20 Desember 2022

HKSN, Komunitas Sobat Satu Irama Purworejo Gelar Baksos di Kecamatan Butuh

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Guna memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2022, Komunitas Sobat Satu Irama (SSI) menggelar kegiatan Aksi Peduli Sobat Satu Irama (SSI) atau bakti sosial di Gor Cokronegoro, Desa Butuh, Kecamatan Butuh, Purworejo Jawa Tengah, pada Minggu 18 Desember 2022. 

Sejumlah kegiatan sosial digeber di lokasi itu, di antaranya senam sehat massal dengan mendatangkan instrukrur dari Kebumen, persembahan penampilan group drumb band dari SMK VIP Maarif NU 1 Kemiri, sunat massal, santunan anak yatim, wakaf Alquran, donor darah, medical check up, bazar pakaian layak pakai, dan bazar UMKM. Kegiatan juga menjadi semarak dengan penampilan selawatan group hadroh Khoirul Muna dari Desa Jogoboyo, Kecamatan Purwodadi. 

Tak hanya orang tua dari peserta sunatan massal ataupun keluarga penerima santunan, kegiatan itu juga dihadiri oleh Muspika Butuh dan warga di wilayah Kecamatan Butuh. "Untuk kegiatan kali ini terdapat kurang lebih 20 anak dari berbagai daerah yang disunatkan secara gratis, juga pemberian santunan kepada sekitar 20 anak yatim. Sedangkan wakaf Alquran kita berikan kepada para takmir musala dan masjid yang ada di sekitar wilayah Kecamatan Butuh," ungkap ketua Komunitas SSI Purworejo, Eko etianto, saat ditemui di sela kegiatan. 

Dikatakan, Aksi Peduli SSI Purworejo bukan kali pertama digelar di lokasi itu, namun sudah dilakukan secara rutin dengan waktu rentan dua bulan sekali di sejumlah lokasi di Kecamatan lain sejak SSI berdiri pada 14 April 2021 lalu. Dalam kegiatan sunatan massal itu SSI Purworejo telah menggandeng dokter khusus sunat dari Kemiri, adapun kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Purworejo. 

"Kebetulan besok tanggal 20 Desember 2022 diperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), jadi selain menjadi kegiatan rutin kami juga dalam rangka memperingati hari itu, yaitu peringatan hari nasional untuk meningkatkan nilai kesetiakawanan dan kebersamaan dalam bangsa," ujarnya. 

Khusus untuk sunatan massal gratis, lanjutnya, hal itu dilakukan secara rutin sebagai wujud kepedulian SSI Purworejo untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk para generasi penerus yang akan melanjutkan esetafet perubahan sekaligus menjadi pioner kemajuan di masa yang akan datang. 

"Bakti sosial ini untuk memperkuat kepedulian dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, juga untuk melaksanakan visi misi kami, selain kegiatan sosial, kami juga fokus dalam pengembangan UMKM anggota," jelasnya. 

Sementara itu peserta sunatan gratis asal Desa Tanjung Anom, Kecamatan Butuh, Mifathul Arzaq dan Fajar, yang masih duduk dikelas 5 SD di SDN Mangunjayan, mengaku senang bisa ikut kegiatan sunatan massal itu. Dirinya mengaku telah merencanakan ikut sunat jika ada kegiatan sunatan gratis di wilayahnya. 

"Kebetulan pas liburan, sudah kepingin sejak lama, pingin ikut jika asa sunatan massal, dan kemarin dikabari oleh Pak Kades dan Pak Bayan, maka ikut dalam sunatan gratis ini," kata Arzaq yang datang dengan ditemani orang tuanya, Widodo. Peserta donor darah asal Desa Dlangu, Kecamatan Butuh, Rismanto, juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan bakti sosial itu. Dirinya berharap kegiatan itu bisa dilanjutkan secara rutin di Purworejo. "Sudah dengar kabar agak lama si, dan kebetulan saya sudah sering ikut donor darah sejak lama, sejak tahun 2015 lalu. Maka tanpa diundang pun saya hadir ikut mendonorkan darah dalam kegiatan ini," pungkasnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-37-00
Whats-App-Image-2023-02-03-at-21-36-59

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto SE , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com